Beredar Kabar Pemutusan Kontrak BPJS Kesehatan, Pasien RSUD Jatipadang Tetap Bisa Gunakan BPJS

Pelayanan di RSUD Jatipadang, Jakarta Selatan normal meski beredar informasi bahwa rumah sakit tersebut telah putus kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Beredar Kabar Pemutusan Kontrak BPJS Kesehatan, Pasien RSUD Jatipadang Tetap Bisa Gunakan BPJS
Warta Kota/Feryanto Hadi
Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Jatipadang, Jakarta Selatan normal meskipun beredar informasi bahwa rumah sakit tersebut telah putus kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Nyatanya, pada Senin (7/1/2019) para pasien masih bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan. 

BEREDAR Kabar Pemutusan Kontrak Dengan BPJS Kesehatan, Pasien di RSUD Jatipadang Tetap Bisa Gunakan BPJS Kesehatan

Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jatipadang, Jakarta Selatan normal meskipun beredar informasi bahwa rumah sakit tersebut telah putus kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Nyatanya, pada Senin (7/1/2019) para pasien masih bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

"Kami justru tidak mengerti dengan informasi adanya penghentian layanan BPJS Kesehatan di RSUD Jatipadang. Sampai sekarang, pasien masih bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan," ujar juru bicara rumah sakit, Aldi, ditemui Senin (7/1/2019).

Aldi memastikan, tidak ada pemutusan kontrak setidaknya hingga saat ini. Ia mengakui, ada surat yang menyatakan bahwa rumah sakit yang belum diakreditasi tidak akan diperpanjang hubungan kerjasamanya. Namun, Aldi menyatakan kasusnya berbeda dengan yang dihadapi oleh RSUD Jatipadang.

"Kalau masalahnya memang akreditasi, kita memang belum selesai karena RSUD ini baru diresmikan pada 29 Agustus 2018 lalu atau belum genap setahun. Sedangkan di Permenkes disebutkan maksimal akreditasi rumah sakit adalah dua tahun sejak ijin rekomendasi diberikan. Dan soal hal ini kita sudah berkirim surat ke pihak BPJS," kata Aldi.

Ia memastikan pelayanan di RSUD Jatipadang hingga kini normal. Jumlah pasien pun stabil, yakni sebanyak 50 pasien BPJS Kesehatan setiap hari dan sekitar 20 pasien umum.

"Dalam perjanjian kami dengan BPJS Kesehatan juga tanggal berakhirnya pada 14 Januari 2019 nanti dan itu akan dilakukan perjanjian ulang sambil menunggu akreditasi kami yang akan keluar di tahun 2019 ini," imbuh Aldi.

Seorang pasien, Ruslan (44), mengaku tetap masih bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan ketika ia berobat bersama sang istri, Senin (7/1/2019).

"Masih bisa kok. Ini saya pakai BPJS tetap dilayani," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved