Transportasi Jakarta

Walau Disubsidi, Tarif LRT Kelapa Gading-Velodrome Diusulkan Rp10.800

Usulan tarif masih berkisar di angka Rp 10.800 per orang, padahal subsidi akan diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Walau Disubsidi, Tarif LRT Kelapa Gading-Velodrome Diusulkan Rp10.800
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Kereta Light Rail Transit (LRT) menaikkan penumpang saat uji coba di Stasiun Velodrom, Jakarta Timur, Senin (3/9/2018). 

Palmerah, Warta Kota -- Jelang dioperasikannya kereta cepat Light Rail Transit (LRT) Kelapa Gading-Velodrome pada bulan Februari 2019 mendatang, besaran tarif masih dalam perdebatan.

Usulan tarif masih berkisar di angka Rp 10.800 per orang, padahal subsidi akan diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Besaran tarif tersebut diungkapkan Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, Sri Haryati belum final. Sebab penentuan tarif LRT Kelapa Gading-Velodrome masih menunggu besaran subsidi yang akan diberikan kepada Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku kontraktor serta pengelola.

Sedangkan pemberian subsidi dijelaskannya masih dikaji dalam anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

Akan tetapi, ditegaskannya subsidi akan diberikan pada operasional LRT Fase 1, yakni Velodrome-Kelapa Gading.

Pembahasan subsidi katanya menyusul rampungnya proses konstruksi LRT Kelapa Gading-Velodrome yang dipastikan akan selesai pada bulan Januari 2019.

Selain itu, pembahasan juga meliputi skema Kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan PT Jakpro.

"Kita masih membahas (LRT) Fase 1. Fase 2 (Velodrome-Dukuh Atas) dikaji lagi agar tidak bermasalah," ujarnya kepada wartawan di Balaikota, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (4/1/2019).

Sri menjelaskan, besaran subsidi yang diberikan akan diambil dari tarif ekonomi LRT dikurangi dengan tarif yang dianggap terjangkau oleh masyarakat.

Diketahui, PT Jakpro melalui rekomendasi Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengajukan usulan tarif Rp 10.800 per orang. Sehingga, hasil subsidi yang dibahas nantinya akan mengacu berbagai aspek, termasuk tarif rekomendasi tersebut.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved