Pilpres 2019

Saut Situmorang Setuju Ketua KPK Jadi Panelis Debat Pilpres 2019, Agus Rahardjo Malah Khawatir

Agus Rahardjo khawatir kehadiran pimpinan lembaga antikorupsi itu akan melanggar aturan, terutama UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Saut Situmorang Setuju Ketua KPK Jadi Panelis Debat Pilpres 2019, Agus Rahardjo Malah Khawatir
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ketua KPK Agus Rahardjo usai memberi keterangan pers terkait penyidikan perkara korupsi sektor infrastruktur di Gedung KPK, Jalan Rasuna Persada, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2018). 

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengaku sepakat bila Ketua KPK Agus Rahardjo menjadi panelis debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Saya sependapat untuk Pak Agus (Ketua KPK Agus Rahardjo) hadir. Tapi kami mau bahas dulu dengan pimpinan lain," ujarnya kepada wartawan, Kamis (3/1/2019).

Berbeda dari Saut Situmorang, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan dirinya belum menanggapi undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjadi panelis dalam debat pertama.

Diminta KPU Jadi Panelis Debat Pertama Pilpres 2019, KPK Masih Pikir-pikir

Agus Rahardjo khawatir kehadiran pimpinan lembaga antikorupsi itu akan melanggar aturan, terutama UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Masih ditanyakan ke Ketua KPU, (mengundang komisioner KPK) apa itu tidak melanggar UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu?" ujar Agus Rahardjo.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah sebelumnya menyatakan pihaknya telah menerima surat dari KPU. Surat berisi permintaan dari KPU agar perwakilan lembaga antikorupsi itu dapat menjadi panelis untuk debat pertama Pilpres 2019 yang akan dilasanakan pada 17 Januari 2019.

KPK Minta Jokowi-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Perhatikan 10 Poin Ini

"Pada pokoknya, KPU meminta agar KPK bersedia menjadi panelis untuk debat pertama tanggal 17 Januari 2019 dengan tema, hukum, hak asasi manusia, korupsi, dan terorisme," ungkap Febri Diansyah.

KPK, lanjut Febri Diansyah, menghargai permintaan KPU untuk menjadi panelis debat pertama Pilpres 2019.

Menurut Febri Diansyah, isu atau tema korupsi dalam debat tersebut menandakan bahwa KPU concern terhadap pembarantasan korupsi.

Jokowi: Bicara Baik Bukan Berarti Menutup Fakta

Namun, KPK belum memutuskan apakah akan menerima tawaran tersebut atau tidak. Lanjutnya, lembaga antikorupsi perlu mempertimbangkan sejauh mana risiko independensi KPK sebagaimana diatur di UU 30 Tahun 2002.

Debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, 17 Januari 2019.

Debat pertama ini akan ditayangkan secara live oleh seluruh stasiun televisi nasional dan Radio Republik Indonesia (RRI), mulai pukul 19.00 WIB. (Ilham Rian Pratama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved