Lapas Kelebihan Kapasitas, Menkumham Minta Jangan Hanya Pesinetron Pemakai Narkoba yang Direhab

Sebab, kata Yasonna Laoly, kalau tidak diselesaikan, persoalan lapas dan rutan yang over capacity ini akan jadi bom waktu.

Lapas Kelebihan Kapasitas, Menkumham Minta Jangan Hanya Pesinetron Pemakai Narkoba yang Direhab
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly di Rumah Duka istri politikus senior PDIP Panda Nababan di Jalan Raya Jombang, Gang Damai RT 04/04, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Kamis (13/9/2018). 

MENTERI Hukum dan HAM Yasonna Laoly menilai kapasitas berlebih di sejumlah rutan dan lapas di Indonesia disebabkan jumlah narapidana narkoba yang tertus bertambah.

"Jumlah napi narkoba setiap hari terus bertambah dan bertambah. Sumatera Utara, Riau, itu bagian pantai yang berhadapan dengan Malaysia, jadi itu sangat rawan. Sekarang sudah 256 ribu (napi narkoba) di lapas dan rutan kita," kata Yasonna Laoly.

Untuk itulah, mantan legislator RI tersebut mengatakan harus ada paradigma khusus dalam melihat kasus narkoba.

Prabowo Sebut Selang Dipakai 40 Orang, Ini Proses Cuci Darah Bagi Pasien Ginjal di RSCM

"Untuk pemakai, harus kita lihat dari aspek paragidma kesehatan, tapi kalau bandar ya paradigma hukum yang keras dan ditambah TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang), jadi harus keras dan dimiskinkan lewat TPPU, sedangkan bagi para pemakai ya direhab," tuturnya.

Bahkan, Yasonna Laoly mengakui kadang-kadang harus bersikap sarkastik soal ini.

"Saya mengatakan janganlah hanya pesinetron yang makai narkoba yang direhab, jadi semua harus direhab, jadi inilah PR kita sekarang," ujarnya.

Pastikan Kabar Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos Hoaks, KPU Minta Penyebarnya Ditangkap

Sebab, kata Yasonna Laoly, kalau tidak diselesaikan, persoalan lapas dan rutan yang over capacity ini akan jadi bom waktu.

"Pengguna narkoba, apalagi di kota-kota besar, di Medan 70 persen pengguna narkotika di lapas, ini kan jadi persoalan," bebernya.

Yasonna Laoly memahami ada jenis persoalan kriminal lain seperti pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, dan penganiayaan.

Anies Baswedan Ingin Ajak Bicara Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan Soal Detergen

"Tapi kalah sama satu jenis kejahatan ini, berarti itu kan something wrong, ada yang salah, dan itu perlu dikoreksi," ucapnya.

Dari 518 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Indonesia, sebagian besar jumlah penghuninya telah melebihi kapasitas.

Cabang Rutan Bagansiapiapi di Provinsi Riau merupakan yang terpadat se-Indonesia. Bahkan, dari 15 lapas dan rutan yang ada di wilayah tersebut, hanya satu yang tidak kelebihan kapasitas.

Berdasarkan data yang diperoleh Warta Kota dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, hingga Sabtu (19/5/2018), jumlah tahanan dan narapidana yang mendekam di Cabang Rutan Bagansiapiapi mencapai 799 orang. Padahal, daya tampung atau kapasitas rutan tersebut hanya 98 orang. (Reza Deni)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved