Pilpres 2019

Klarifikasi Ucapannya Soal Bangun Tol Cipali Tanpa Utang, Ini Maksud Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mengklarifikasi pernyataannya yang menyebut pembangunan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) tanpa menggunakan utang.

Klarifikasi Ucapannya Soal Bangun Tol Cipali Tanpa Utang, Ini Maksud Sandiaga Uno
Dok. Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga
CAWAPRES nomor urut 2 untuk Pilpres 2019, Sandiaga Uno, berlari dari hotel tempatnya bermalam menuju ke acara senam bersama warga Purwokerto di GOR Satria di Jalan Mangunjaya, Purwokerto Lor, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (15/12/2018). 

CALON wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengklarifikasi pernyataannya yang menyebut pembangunan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) tanpa menggunakan utang.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyebut salah satu contoh pembangunan infrastruktur tanpa menggunakan utang adalah pembangunan Tol Cipali.

Padahal, diketahui bahwa pada tahun 2013 PT Lintas Marga Sedaya yang bertugas membangun Tol Cipali, di mana sebagian sahamnya dimiliki perusahaan milik Sandiaga Uno, yakni PT Saratoga Investama Sedaya, melakukan pencairan kredit sindikasi bank sebanyak Rp 1 triliun.

Sandiaga Uno Janji Bangun Infrastruktur Tanpa Utang, Erick Thohir: Saya Ingin Belajar

Kini, Sandiaga Uno mengatakan yang ia maksud utang adalah utang yang tak membebani keuangan negara.

“Jadi itu tanpa utang yang membebani negara, utang yang tak membebani pemerintah, dan utang yang tak membebani APBN (Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara),” ujar Sandiaga Uno, ditemui di kawasan Meruya, Jakarta Barat, Kamis (3/1/2019).

Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan infrastruktur yang tanpa membebani keuangan negara itu sangat mungkin dilakukan, dengan mencontoh sistem pembangunan Tol Cipali tersebut.

Minta Kabareskrim Cari Pemfitnah Jokowi, Mendagri: Lambang Negara Harus Dijaga

“Jadi ada kemitraan seperti Public Private Partnership dan murni swasta, kalau Tol Cipali itu murni swasta, pemerintah hanya bermitra dalam bentuk tanah,” jelasnya.

Sandiaga Uno mengatakan, Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menkeu Sri Mulyani tidak menutup kemungkinan akan konsep tersebut.

“Karena memang ekonomi kita 90 persen yang menggerakkan adalah swasta, di luar dana pemerintah, jadi itu yang kami mau dorong ke depan,” tegasnya.

Lagi Hamil, Nikita Mirzani Diminta Pikirkan Kembali Gugatan Cerainya

Sandiaga Uno juga mencontohkan sejumlah ruas jalan di dalam Ibu Kota Jakarta yang tanpa pendanaan dari pemerintah.

“Di dalam kota ada sejumlah ruas jalan yang dibangun tanpa dana dari pemerintah yang dikonsepkan Pemerintah Jakarta, yang kemudian dilanjutkan Pak Anies Baswedan bersama saya,” paparnya. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved