Jumlah Laka Lantas dan Korban Jiwa Selama Pekan Libur Natal Menurun 30 Persen

Di antaranya karena pemerintah pusat dan daerah menyiapkan sarana dan prasarana yang sangat memadai baik di jalan tol maupun nontol.

Jumlah Laka Lantas dan Korban Jiwa Selama Pekan Libur Natal Menurun 30 Persen
TMC
Ilustrasi. Jalan layang Casablanca tetap diterobos pengendara motor. 

Selama pekan libur Natal 2018 hingga Tahun Baru 2019 atau selama digelarnya Operasi Lilin 2018 mulai 21 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, tercatat jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di ruas jalan tol dan non tol serta jumlah korban jiwanya, menurun 30 persen dibanding tahun sebelumnya atau 2017 lalu.

Jika tahun 2017 tercatat ada 983 kasus laka lantas dengan korban jiwa mencapai 250 orang maka di pekan libur Natal tahun 2018 ini tercatat ada 623 kasus laka lantas dengan korban jiwa 175 orang.

Demikian disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri di Gedung NTMC Korlantas Polri di Jalan Letjen MR Haryono, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (4/1/2019).

"Penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas dan korban jiwa di jalan tol maupun non tol selama pekan libur Natal dan Tahun Baru kali ini, hingga mencapai 30 persen dibanding tahun sebelumnya atau 2017. Ini disebabkan sejumlah faktor yang saling terkait," kata Refdi.

Di antaranya, kata dia, adalah sangat siapnya pemerintah pusat dan daerah menyiapkan sarana dan prasarana yang sangat memadai baik di jalan tol maupun nontol.

"Lalu ditambah kebijakan pemerintah pusat yang menyertainya sesuai dengan keinginan masyarakat. Serta kesiapan anggota kami di lapangan serta banyaknya masyarakat yang sudah paham dengan informasi keadaan ruas jalan yang akan dilalui," kata dia.

Selain itu, tambah Refdi, kordinasi pihaknya dengan pemerintah pusat dan daerah yang baik dengan terus dilakukannnya pengecekan sejumlah ruas jalan dan infrastruktur yang sedang dibangun menjadi faktor penunjang lainnya.

"Ditambah lagi informasi yang masif dan tepat yang diberikan media ke masyarakat membuat hampir semua warga masyarakat paham benar situasi dan keadaan ruas jalan yang akan dilalui," kata dia.

Semua itu, tambahnya, menjadi faktor yang membuat menurunnya jumlah laka lantas dan korban jiwa selama pekan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Ke depan harus lebih baik lagi sehingga benar-benar terwujud kamseltibcar dalam berlalu lintas," kata dia.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved