Tahun Ini Pemkot Bekasi Tambah 100 Bank Sampah

PEMERINTAH Kota Bekasi bakal membangun 100 bank sampah pada tahun 2019. Hal itu dilakukan untuk mengurangi produksi sampah di Kota Bekasi.

Tahun Ini Pemkot Bekasi Tambah 100 Bank Sampah
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi. 

PEMERINTAH Kota Bekasi bakal membangun 100 bank sampah pada tahun 2019. Hal itu dilakukan untuk mengurangi produksi sampah di Kota Bekasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki 220 bank sampah, yang kehadirannya dinilai cukup efektif dalam mengurangi distribusi sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu, Bantargebang, Kota Bekasi.

"Kita sudah ada 220 sampah di sejumlah RW, akan ditambah lagi 100 untuk tahun 2019. Adanya bank sampah ini selain berguna dalam pengurangan sampah, juga membantu masyarakat memilah sampah yang punya nilai ekonomis untuk bisa dijual mendapatkan uang," tuturnya di Bekasi, Kamis (3/1/2019).

Mitra Kukar Degradasi, Rahmad Darmawan Sekolah Lagi

Jumhana Luthfi menjelaskan, produksi sampah di Kota Bekasi telah mencapai 1.890 ton per hari. Dari jumlah tersebut, sebenarnya 40 persen bisa diminimalisir karena masih bisa dimanfaatkan.

"Jadi kan banyak sampah plastik, bekas botol mineral, atau sampah yang ada nilai ekonomisnya. Jadi jika dari tingkat RW atau bank sampah sudah dipilah, efeknya bisa mengurangi jumlah sampah itu," tuturnya.

Ia mengaku akan terus mendorong masyarakat untuk bisa membuat bank sampah mandiri. Sehingga, diharapkan seluruh RW memiliki bank sampah

“Kita akan dorong terus sampai ada di seluruh RW, sekitar 1.050 RW. Kota terus sosialisasi dan motivasi warga soal pentingnya bank sampah ini. Ajukan segera. nanti kita akan datang, dengan Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) memberikan pelatihan terkait dengan bagaimana pengelolaan (sampah)," paparnya. (*)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved