Breaking News:

Sampah Plastik Mengancam, Pergub Penggunaan Kantong Plastik Harus Diterapkan

Produksi sampah plastik di Jakarta sudah mengancam kelestarian lingkungan. Karena itu Pergub pengelolaan sampah plastik harus diterapkan.

Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji menerangkan alasan kuat mengapa Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta tentang pengelolaan sampah plastik harus diterapkan. Pasalnya, DKI Jakarta setiap harinya dibanjiri ratusan ribu ton sampah plastik per tahun.

Hal tersebut disampaikan Isnawa merujuk pada data yang dihimpun Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama Komunitas Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik sepanjang tahun 2016.

Dalam data tersebut, tercatat ada sebanyak 2,5 juta sampah yang diproduksi warga Ibu Kota selama setahun. Total sampah setahun itu jika dipilah, katanya terdapat sebanyak 357.000 sampah plastik.

Sampah yang dipilah itu katanya tidak terserap seluruhnya untuk didaur ulang. Sehingga berdasarkan penelitian, tercatat ada sebanyak 175.000 ton sampah plastik yang terpendam memenuhi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat setiap tahunnya.

"Kalau kita lihat cuma kantong plastik, tapi kalau dikumpulin sampahnya banyak banget," ungkap Isnawa dihubungi pada Kamis (3/1/2019).

Setara bus Transjakarta

Melimpahmya sampah plastik Ibu Kota, katanya sejalan dengan besarnya jumlah belanja dan konsumsi plastik masyarakat per tahun.

Pasalnya, konsumsi kantong belanja plastik warga Ibu Kota pada tahun 2016 berkisar dari sebanyak 1.900 ton hingga 2.400 ton per tahun.

Jumlah tersebut katanya setara dengan 240 juta hingga 300 juta lembar kantong belanja plastik per tahun. Bukan hanya diukur dalam volume, nilai pembelian kantong belanja plastik katanya setara dengan sebanyak 124 unit bus Transjakarta.

"Konsumsinya besar sekali," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved