Prabowo Sebut Selang Dipakai 40 Orang, Ini Proses Cuci Darah Bagi Pasien Ginjal di RSCM

Pihak RSCM pun memaparkan cara kerja mesin dialisis yang dianggap tidak memilki kontak langsung dengan darah pasien.

Prabowo Sebut Selang Dipakai 40 Orang, Ini Proses Cuci Darah Bagi Pasien Ginjal di RSCM
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Warga berjalan keluar dari Rumah Sakit Cipto Manungkusumo (RSCM) di Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2013) 

PIHAK Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menanggapi pernyataan kontroversial calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto, terkait pelayanan di rumah sakit itu terhadap pasien penyakit ginjal.

Apa yang disampaikan Prabowo Subianto yang mengaku mendapat laporan bahwa pihak RSCM menggunakan selang cuci darah untuk 40 orang, langsung dibantah pihak rumah sakit.

Melalui keterangan resminya pada Rabu (2/1/2019), RSCM membeberkan bagaimana proses pelayanan yang mereka lakukan terhadap para pasien, termasuk menjelaskan mengenai apa yang 'diduga' oleh Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Jokowi: Bicara Baik Bukan Berarti Menutup Fakta

Dalam melakukan pelayanan terhadap pasien, pihak rumah sakit yang terletak di kawasan Jakarta Pusat itu mengaku selalu melakukan yang terbaik, termasuk dalam melakukan pelayanan hemodialisis (cuci darah).

"Pelayanan pasien di RSCM selalu mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, demikian juga dengan pelayanan hemodialisis, pelayanan hemodialisis di RSCM menggunakan selang dan dialiser satu kali pakai (single use)," tulis pihak RSCM.

Dalam prosesnya, peralatan untuk hemodialisis memerlukan tiga komponen utama.

Mendagri Temukan Indikasi Kesamaan Modus Temuan KTP Elektronik di Bogor dan Duren Sawit

"Tiga komponen utama itu yakni mesin hemodialisis, selang hemodialisis (blood tubing), dan dialiser (artificial kidney) atau ginjal buatan," jelas tulisan tersebut.

Pihak RSCM pun memaparkan cara kerja mesin dialisis yang dianggap tidak memilki kontak langsung dengan darah pasien. Karena tidak terpapar, mesin tersebut bisa digunakan pula untuk pasien lainnya.

"Mesin dialisis berfungsi sebagai pengatur proses dialisis dan tidak ada kontak langsung dengan darah pasien, mesin dialisis digunakan bergantian untuk beberapa pasien," terang pihak rumah sakit.

Kasus Penyerangan Novel Baswedan Tak Alami Kemajuan, KPK Pilih Bekerja Senyap

Sedangkan komponen penting lainnya untuk proses cuci darah, juga memerlukan selang hemodialisis. Selang tersebut memiliki kegunaan untuk mengalirkan darah dari tubuh pasien ke dialiser atau ginjal buatan, kemudian mengembalikan darah yang sudah didialisis atau dicuci, kembali pada tubuh pasien.

Halaman
12
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved