Peraturan Memborgol Tahanan Sudah Ada Sejak 2012, Ini Alasan KPK Baru Menerapkannya Tahun 2019

MULAI 2019, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberlakukan penerapan pasang borgol bagi para tahanan.

Peraturan Memborgol Tahanan Sudah Ada Sejak 2012, Ini Alasan KPK Baru Menerapkannya Tahun 2019
Warta Kota/Henry Lopulalan
Kepala Satker SPAM Strategis/Pejabat Pembuat Komitmen SPAM Lampung Anggiat Partunggal Nahot Simaremare diborgol saat akan diperiksa di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (2/1/2019). 

MULAI 2019, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberlakukan penerapan pasang borgol bagi para tahanan.

Padahal, Peraturan Komisi (Perkom) soal penerapan aturan pasang borgol terhadap tahanan sudah ada sejak 2012, seperti tertuang pada Peraturan KPK Nomor 01 Tahun 2012 tentang Perawatan Tahanan pada Rumah Tahanan KPK, khususnya pasal 12 ayat (2) yang mengatur bahwa “dalam hal tahanan dibawa ke luar rutan, dilakukan pemborgolan.”

Lalu, mengapa lembaga antikorupsi itu baru menerapakan aturan tersebut pada tahun ini? Juru Bicara KPK Febri Diansyah menerangkan, setelah menerima sejumlah masukan dari masyarakat, dilanjutkan penelaahan terhadap perkom tersebut, baru pada tahun ini KPK menerapkan peraturan itu.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Liga 1 2018, Pemain Indonesia di Peringkat Berapa?

"Ada sejumlah masukan dari masyarakat dan kami lakukan kembali telaah ke dalam, akhirnya penerapan peraturannya dilakukan," ujar Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (2/1/2019).

"Kami juga mempelajari kembali aspek hukum terkait dengan perlakuan terhadap tersangka atau terdakwa yang ditahan oleh KPK. Kami juga melakukan komparasi aturan pengelolaan tahanan oleh instansi penegak hukum lain," sambungnya.

Febri Diansyah menjelaskan, penerapan pasang borgol diperuntukkan bagi tahanan yang ingin menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, ataupun dari rumah tahanan menuju tempat persidangan atau tempat lainnya.

"Salah satu hal yang mengemuka adalah aspek edukasi publik dan keamanan," terangnya. (Ilham Rian Pratama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved