News

Ketua KPU Laporkan Penyebar Hoax Surat Suara

Bareskrim agar ditangkap siapa yang menyebarkan berita hoax, berharap supaya bisa ditindak sesuai aturan berlaku,

Ketua KPU Laporkan Penyebar Hoax Surat Suara
Warta Kota
Ketua KPU Laporkan Penyebar Hoax. 

Warta Kota, Gambir -- Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) RI, Arief Budiman menyambanhi Bareskrim Polri guna melaporkan pihak-pihal yang menyebarkan kabar hoax terkait 7 kontainer berisi surat suara yang telah tercoblos.

Ketua KPU Laporkan Penyebar Hoax.
Ketua KPU Laporkan Penyebar Hoax. (Warta Kota)

Arief menyampaikan bahwa instansi yang dipimpinnya berkewajiban untuk menyelenggarakan Pemilu 2019 nanti dengan jujur dan adil sehingga apabila ada pihak yang ingin merusak, ia tak segan-segan akan melawan oknum tersebut.

"Hari ini kami datang bersama Bawaslu sebagai penyelanggara Pemilu. kami punya kewajiban untuk membuat Pemilu aman, damai, jujur dan adil. Maka jika ada ancaman dan tindakan yang mengganggu Pemilu maka KPU akan melawan," kata Arief di lokasi, Kamis (3/1).

Ia kembali mengonfirmasi bahwa kabar yang sempat beredar di media sosial tersebut merupakan berita bohong. Oleh sebab itu, KPU berniat melaporkan oknum-oknum penyebar hoax.

"Tadi malam kami mendapat info 7 kontainer surat suara dicoblos, dan kami sudah buktikan tidak benar. Dan maka hari ini kamu akan melaporkan ke Bareskrim agar ditangkap siapa yang menyebarkan. Kami berharap supaya bisa ditindak sesuai aturan berlaku," tuturnya.

Kendati demikian, Arief enggan mengatakannya kepada awak media mengenai pihak terlapor. Ia hanya memberi tahu bahwa KPU membawa bukti-bukti berupa gambar, suara dan tulisan.

"Ada gambar, suara dan ada tulisan itu kami sampaikan," jelasnya.

Sebelumnya, isu 7 kontainer surat suara telah tercoblos beredar masif lewat rekaman suara di WhatsApp Group. KPU langsung menerjungkan tim untuk melakukan pengecekan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Hasilnya, KPU tak menemukan satu pun kontainer yang berisi surat suara yang sudah tercoblos. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved