Pilpres 2019

Diminta KPU Jadi Panelis Debat Pertama Pilpres 2019, KPK Masih Pikir-pikir

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima surat permohonan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Diminta KPU Jadi Panelis Debat Pertama Pilpres 2019, KPK Masih Pikir-pikir
Istimewa
FEBRI Diansyah, Juru Bicara KPK 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima surat permohonan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Isi surat itu, ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, adalah soal kesediaan salah satu perwakilan lembaga antikorupsi untuk menjadi panelis debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"KPK telah menerima surat dari KPU tertanggal 28 Desember 2018 lalu, perihal permohonan kesediaan menjadi tim panelis atau pakar debat kesatu pada Pemilu Tahun 2019‎," ujarnya kepada wartawan, Kamis (3/1/2019).

Penyelesaian Kasus Penyerangan Novel Baswedan Lamban, Saut Situmorang Sampai Dibilang Kambing

"Pada pokoknya, KPU meminta agar KPK bersedia menjadi panelis untuk debat pertama tanggal 17 Januari 2019 dengan tema hukum, hak asasi manusia, korupsi dan terorisme," imbuh Febri Diansyah.

KPK, kata Febri Diansyah, sangat menghormati dan menghargai permintaan KPU untuk menjadi panelis debat pertama Pilpres 2019. Karena, adanya isu atau tema korupsi dalam debat tersebut menandakan bahwa KPU concern terhadap pemberantasan korupsi.

"Hal tersebut yang kami pandang menunjukkan concern KPU terhadap aspek antikorupsi, sehingga meminta KPK terlibat langsung sebagai panelis," katanya.

Sudah Sehati, Maruf Amin Bilang Dirinya Tak Bisa Diadu Domba dengan Erick Thohir

Hingga saat ini, KPK belum memutuskan apakah akan menerima tawaran tersebut atau tidak. Sebab, belum ada pembahasan internal terkait permohonan KPK untuk menjadi panelis debat Pilpres.

"Kami masih membahas secara internal apakah akan bersedia menjadi Panelis, atau dari aspek substansi cukup memberikan sejumlah saran materi tentang pemberantasan korupsi dan keberadaan KPK yang akan dibahas tanpa dihadiri secara langsung oleh Pimpinan KPK. Jika nanti telah selesai, tentu kami akan sampaikan secara resmi pada KPK," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi memproyeksikan Ketua KPK Agus Rahardjo akan menjadi salah satu panelis dalam debat pertama capres-cawapres pada 17 Januari mendatang.

Jusuf Kalla: Korupsi Makin Marak karena Desentralisasi

"Insyaallah Ketua KPK (akan menjadi panelis dari pihak KPK). Kita masih menjalin komunikasi. Ya kemungkinan besar (beliau) akan bersedia," katanya di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Menurut Pramono, Agus Rahardjo akan menjadi panelis khusus untuk isu korupsi dan hukum terkait korupsi.

Saat ini, KPU masih berusaha memberikan informasi kepada KPK bahwa panelis untuk debat capres-cawapres adalah pihak-pihak yang bekerja di belakang layar.

Tak Setuju Reuni 212, Razman Arif Nasution: Salat Subuh Lebih Afdol di Monas atau di Masjid?

Debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, 17 Januari 2019.

Debat pertama ini akan ditayangkan secara live oleh seluruh stasiun televisi nasional dan Radio Republik Indonesia (RRI), mulai pukul 19.00 WIB. (Ilham Rian Pratama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved