Status Erupsi Gunung Anak Krakatau Level III Siaga, Waspada Saat Berlayar di Selat Sunda

Aktivitas Gunung Anak Krakatau yang terus erupsi dan kini berstatus Level III Siaga.

Status Erupsi Gunung Anak Krakatau Level III Siaga, Waspada Saat Berlayar di Selat Sunda
ANTARA FOTO/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat
Dokumentasi foto udara letusan gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Minggu (23/12/2018). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan telah terjadi letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018) pukul 17.22 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak (sekitar 1.838 meter di atas permukaan laut). 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengimbau agar tetap waspada saat melintas di Selat Sunda.

Sebab aktivitas Gunung Anak Krakatau yang terus erupsi dan kini berstatus Level III Siaga.

"Tetap waspada berkaitan dengan erupsi Gunung Anak Krakatau dan cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini," kata Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

96 Orang Diangkat Jadi PJLP di Jakarta Islamic Center

Penjelasan BMKG Soal Awal Berbentuk Gelombang Tsunami Gulung di Langit Makassar

Meski ada penurunan aktivitas, para pelaku pelayaran diminta tetap waspada dan harus menjauh dengan radius 5 kilometer dari Gunung Anak Krakatau.

Para nakhoda juga diminta untuk selalu memonitor dan memantau berita cuaca melalui situs web BMKG serta informasi Gunung Anak Krakatau dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sementara itu, kapal–kapal kecil dengan ukuran di bawah 35 GT dan kapal-kapal nelayan diimbau menunda keberangkatan hingga cuaca dipastikan sudah benar-benar aman di Selat Sunda.

Ini Deretan Peristiwa dan Evakuasi di Pendakian Gunung Sepanjang Natal dan Tahun Baru 2019

Awan Gelombang Tsunami Gulung Langit Kota Makassar, Pesawat Harus Berputar-Putar 20 Menit

Saat ini, kata dia, aktivitas di Pelabuhan Banten masih berjalan normal dan tidak berdampak terhadap aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Meski begitu, ia meminta Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Banten untuk terus memonitor dan mewaspadai secara berkala aktivitas Gunung Anak Krakatau.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Anak Krakatau Berstatus Siaga, Pelayaran di Selat Sunda Diminta Waspada"

Editor: Panji Baskhara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved