Badan Geologi: Gunung Anak Krakatau Masih Fase Erupsi

Hingga Rabu (2/1/2019) Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, masih dalam fase erupsi.

Badan Geologi: Gunung Anak Krakatau Masih Fase Erupsi
twitter sutopo purwo nugroho
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudy Suhendar, mengatakan, hingga Rabu (2/1/2019) Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, masih dalam fase erupsi.

Selain Gunung Anak Krakatau masih dalam fase erupsi, juga terekam kegempaan di stasiun seismik di Pulau Sertung berupa gempa-gempa letusan, hembusan, dan tremor menerus dengan amplitudo maksimum dominan 7 mm.

"Tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau masih siaga (level III) dan erupsi masih terjadi sehingga masih terdapat ancaman berupa lontaran material letusan, sehingga direkomendasikan untuk tidak mendekat dalam radius lima kilometer dari kawah, yaitu di dalam area yang dibatasi oleh Pulau Rakata, Pulau Sertung, Pulau Panjang. Status siaga ini hanya berlaku untuk aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau," kata Rudy Suhendar seperti dilansir Antaranews.com.

Rudi mengatakan, tidak ada potensi terjadinya tsunami dari aktivitas vulkanik tersebut.

"Berdasarkan analisis data yang dimiliki, Badan Geologi menyimpulkan bahwa tidak ada potensi terjadinya tsunami yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau," katanya.

Pada 26 Desember 2018 terjadi letusan besar yang menyebabkan longsoran besar yang menghancurkan seluruh puncak Gunung Anak Krakatau sehingga tingginya yang semula 338 meter berkurang hingga hanya lebih kurang 110 meter di atas permukaan laut. Runtuhnya seluruh puncak dan sebagian besar tubuh tersebut tidak menimbulkan tsunami.

"Adapun yang disinyalir sebagai adanya retakan di lereng Gunung Anak Krakatau, hal itu merupakan sisa-sisa dari proses runtuhan yang disebabkan letusan tanggal 26 Desember 2018, dan itu adalah hal yang wajar di dalam letusan gunungapi. Tidak perlu dikhawatirkan," katanya.

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Tsunami Susulan Setelah Temukan Fakta Baru Anak Gunung Krakatau

Status Erupsi Gunung Anak Krakatau Level III Siaga, Waspada Saat Berlayar di Selat Sunda

Jumlah Korban Tsunami Selat Sunda Bertambah Seiring Volume Tubuh Gunung Anak Krakatau Berkurang

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved