Sejumlah 100 Ribu Orang Pengunjung Rekreasi ke Taman Margasatwa Ragunan

Jumlah pengunjung TMR sampai dengan jam 16.00 tadi sudah mencapai 100.536 orang.

Warta Kota/Feryanto Hadi
Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat dalam mengisi hari libur Tahun Baru 2019, Selasa (1/1/2019). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hadir bersama istrinya. 
Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat dalam mengisi  hari libur Tahun Baru 2019, Selasa (1/1/2019).
Sekitar seratusan ribu orang memadati tempat wisata yang berada di Jakarta Selatan ini dari pagi hingga sore.
Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Masyarakat Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widasana, mengatakan setidaknya 100 ribu lebih orang telah berkunjung hingga pukul 16.00 WIB.
"Jumlah pengunjung sampai dengan jam 16.00 tadi sudah mencapai 100.536 orang pengunjung," ujar Ketut di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (1/1/2019).
Angka tersebut jauh di bawah target yang sebelumnya ditetapkan.
Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat dalam mengisi  hari libur Tahun Baru 2019, Selasa (1/1/2019).
Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat dalam mengisi hari libur Tahun Baru 2019, Selasa (1/1/2019). (Warta Kota/Feryanto Hadi)
Sebelumnya, pengelola menargetkan hari Selasa akan terjadi puncak kunjungan dan memperkirakan sebanyak 180 ribu orang bakal datang ke TMR.
Namun, cuaca gerimis dan mendung sejak Selasa pagi membuat antusiasme warga sedikit menurun.
"Tadinya, ragu mau datang karena pagi masih gerimis. Tapi lihat kok kayaknya bakal cerah. Akhirnya saya dan keluarga datang ke sini," ujar pengunjung bernama Tarjo.
Sementara itu, kepadatan tampak di sejumlah pintu masuk TMR.
Para petugas dari Satwil Lantas Jaksel dan Satpol PP mengatur dan mengarahkan kendaraan ke kantong-kantong parkir yang tersedia.
Data yang diterima, sebanyak 14 ribu kendaraan roda dua dan 5 ribu kendaraan roda empat memenuhi sejumlah lahan dan kantong parkir yang disediakan pengelola.
Termasuk 138 bus berbagai jenis yang tercatat memasuki TMR sepanjang Selasa.
"Kami sudah sediakan kantong parkir untuk roda empat 6 ribu unit kendaraan dengan jumlah kantong parkir 20 titik. Roda 2 bisa menampung 16 ribu kendaraan dengan jumlah titik parkir 9 titik," imbuhnya.
Kemacetan juga terjadi di sejumlah ruas jalan utama menuju Ragunan.
Sekitar pukul 13.00 WIB, lalu lintas dari Pejaten menuju Jalan RM Harsono mengarah Ragunan dialihkan sebelum traffic light Ragunan. 
Kendaraan yang akan menuju Ragunan terlebih dahulu harus belok kiri menuju Jalan TB Simatupang.
Pengendara yang hendak ke Ragunan kemudian bisa putar balik di kawasan Tanjung Barat, Ranco.
Meski demikian, banyaknya kendaraan menuju Ragunan membuat lalulintas di sekitar Jalan TB Simatupang tetap padat.
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta istri Fery Farhati Ganis tiba-tiba muncul di tengah kerumunan pengunjung TMR pada Selasa sore jelang pukul 04.00.
Peristiwa itu spontan membuat para pengunjung yang hendak pulang histeris.
Tak pelak, Anies bersama sang istri diserbu masyarakat untuk diajak berfoto.
Dengan menggunakan mobil golf, Anies Baswedan sempat berkeliling area TMR dan menyapa para pengunjung.
Sebagian pengunjung yang melihat Anies Baswedan di dalam mobil golf mengejar hanya untuk bersalaman dengan orang nomor satu di Jakarta itu.
Anies Baswedan juga mendapat sambutan hangat dari sejumlah petugas yang berjaga, mulai dari Satpol PP, TNI hingga kepolisian.
Anies Baswedan menyempatkan berfoto bersama mereka sebagai apresiasi atas kinerja para petugas yang telah turut menjaga ketertiban pengunjung di TMR.
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved