Pilpres 2019

Pilpres 2019: Kubu Pro-Jokowi dan Kubu Pro-Prabowo Berebut Suara dari Universitas Indonesia

Dibandingkan perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Indonesia paling sering berada di garda terdepan dalam peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Pilpres 2019: Kubu Pro-Jokowi dan Kubu Pro-Prabowo Berebut Suara dari Universitas Indonesia
kompas.com
Ilustrasi: mahasiswa Universitas Indonesia di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 

DIBANDINGKAN perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) paling sering berada di garda terdepan dalam peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Sebut peristiwa Malari, Mei 1998. Alumni UI pun tersebar menjadi petinggi dan berperan dalam pembangunan di Indonesia.

Tak heran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, suara dari kampus yang mendapat julukan si 'Jaket Kuning' ini pun menjadi 'rebutan' kedua pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Alumni UI pun tidak serta merta mendukung salah satu pasangan calon (paslon). Justru terjadi tarik menarik dukungan.

Alumni pro-paslon Jokowi-Ma'ruf Amin langsung terbuka menyatakan dukungan lewat aksi yang akan dilaksanakan di Plaza Selatan Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu 12 Januari 2019 sore.

Digawangi selebritas dan alumni Fakultas Teknik Jay Subiakto, deklarasi ini diharapakan dihadiri sekitar 5.000 alumni.

Mengenakan kaos kuning, para alumni dari berbagai jurusan dan tahun angkatan mendeklarasikan kepada paslon nomor satu ini.

Rencana dukungan alumni UI pro Jokowi ini sebenarnya juga dipicu dukungan beberapa alumni yang mendukung paslon Prabowo.

"Kita awalnya juga karena melihat beberapa alumni merapat ke sana (Prabowo). Mereka juga pakai kaos yang ada lambang UI (makara) jadi seakan-akan ada lembaga UI di sana. Kondisi itu tidak mengenakkan buat kami yang tidak setuju dengan pilihan mereka. Dari obrolan kelompok kecil kami juga ingin menyatakan dukungan ke Jokowi," ujar salah satu alumni UI pendukung Jokowi.

Seperti juga dukungan alumni UI sebelumnya terhadap paslon Prabowo yang hanya dilaksanakan di ruang tertutup dalam jumlah massa kecil, awalnya alumni UI pro Paslon Jokowi juga ingin mendeklarasikan dukungan dalam jumlah kecil dan di ruang tertutup.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved