News

Kanwil Kemenkumham DKI Jemput Bola Pembuatan Paspor

Di tahun 2019 nanti kami akan mengupayakan jemput bola pembuatan paspor kata Bambang.

Kanwil Kemenkumham DKI Jemput Bola Pembuatan Paspor
Warta Kota/Feryanto Hadi
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM, di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018). 

Kramat Jati, Warta Kota. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Bambang Sumardiono, menyebut bahwa pada
tahun 2019 pihaknya akan melakukan jemput bola pembuatan paspor.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM, di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018).
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM, di Balai Agung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2018). (Warta Kota/Feryanto Hadi)

Hal tersebut dikatakannya pada acara Refleksi Akhir Tahun 2018 di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI, Jalan Letjen MT Haryono, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (18/12/2018).

"Di tahun 2019 nanti kami akan mengupayakan jemput bola pembuatan paspor. Pada akhir tahun ini, kami telah menyediakan dua unit mobil keliling yang akan ditempatkan di beberapa titik untuk melayani masyarakat secara mobile," kata Bambang.

Mobil pelayanan keliling itu akan dioperasikan secara bergantian untuk melakukan pembuatan paspor.

Selain itu, lanjut Bambang, layanan pembuatan paspor juga sudah bisa dilakukan di pusat perbelanjaan, salah satunya Lippo Mall Puri, Kembangan, Jakarta Barat.

"Di Lippo Mall Puri telah dibuat Unit Layanan Paspor (ULP) yang terletak di parkir basement. Tentu ini ke depan akan kami kembangkan lagi di beberapa pusat perbelanjaan untuk mendekatkan pelayanan dengan masyarakat. Seperti yang telah kami lakukan di kampus Binus yang juga ada layanan imigrasi corner di sana," ujar Bambang.

Di 2019, pihaknya juga berupaya menyelenggarakan program pelayanan pembuatan paspor pada hari Sabtu dan Minggu.

"Kami intruksikan Sabtu dan Minggu ada program terkait pelayanan pembuatan paspor. Kami akan gilir dan jadwalkan supaya masyarakat dapat terlayani dengan baik," tegasnya.

Selain itu, Bambang juga membahas tantangan kedepan termasuk di dalamnya pertarungan menuju era revolusi industri 4.0. Termasuk tantangan peningkatan kualitas SDM, menjadi perhatian di jajaran Imigrasi dan Pemasyarakatan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Di sepanjang Tahun 2018 ini berbagai masalah yang dihadapi dan menjadi konsentrasi kami adalah yang terjadi di Lapas atau Rutan dengan semakin meningkatkan jumlah tahanan dan warga binaan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved