VIDEO: Walikota Bekasi Rahmat Effendi sopiri Bus Hibah dari Kemenhub

Walikota Bekasi Rahmat Effendi membawa sendiri bus hibah dari Kementerian Perhubungan

Walikota Bekasi Rahmat Effendi membawa sendiri bus hibah dari Kementerian Perhubungan dari Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat di Bandung menuju ke Pemkot Bekasi, Sabtu (29/12/2018).

Pepen sapaan akrabnya, menyupiri bus tersebut dari Bandung ke Pemkot Bekasi di Jalan Jendral Ahmad Yani, Bekasi Selatan selama tiga jam perjalanan.

Pepen berserta rombongan berangkat dari pukul 10.00 ke Bandung. Kemudian kemvali lagi ke Pemkot sekitar pukul16.00 WIB tiba di halaman Pemkot sekitar pukul 19.00 WIB.

"Alhamdulillah perjalanan lancar sepi tidak macet, kecepatan sampai 80 KM perjam. Ya ekitar 3 jam perjalanan dari Kantor Dishub Bandung ke Pemkot," katanya usai turun dari bus, Sabtu (29/12/2018).

Pepen mengungkapkan dirinya sengaja membawa bus sendiri dikarenakan ingin merasakan mengambil hibah bus untuk masyarakat dengan tangannya sendiri.

"Saya ingin merasakan ambil mobil bus buat masyarakat dengan tangan saya sendiri. Saya sendiri yang nyupiri. Saya kan masih punya SIM B2, dulu saya kan supir kendaraan besar," ucapnya.

Pepen mengatakan bus ini nanti akan digunakan untuk armada bus Trans Patriot. Bus Trans Patriot ini juga direncanakan bakal terintergrasi dengan Trans Jakarta.

"Bus-bus ini bakal jadi feeder ke Trans Jakarta, kita integrasi dengan Trans Jakarta. Kita sudah bicarakan ke DKI, diharapkan warga Kota Bekasi yang kerja di Jakarta sudah bisa menggunakan angkutan massal karena semua sudah tersambung," ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya juga akan membangun tiga park and ride guna memudahkan warganya untuk memarkirkan kendaraannya saat berganti menggunakan angkutan massal.

"Kita akan bangun park and ride di deket Terminal Bekasi, di Lapangan Tenis Alun-alun sama dekat Stadion Patriot. Jadi kita minta masyarakat sadar ya tinggal jalan saja sebentar saja ke lokasi transportasi massal jangan malas," paparnya.

Kementerian Perhubungan RI memberi hibah 67 bus kepada sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Bus-bus tersebut diserahkan kepada Pemprov Jawa Barat lalu diberikan kembali ke pemerintah kota dan kabupaten.

Adapun kota dan kabupaten yang menerima bus tersebut selain Kota Bekasi adalah Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Kuningan, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan Indramayu.

Untuk Kota Bekasi mendapatkan 20 bus rapid transit (BRT) dan 1 bus sekolah, terbanyak dari daerah lain. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved