Trans Patriot Bekasi Bakal Dihubungkan dengan Transjakarta

Pemerintah Kota Bekasi berencana melakukan integrasikan bus Trans Patriot dengan Trans Jakarta.

Trans Patriot Bekasi Bakal Dihubungkan dengan Transjakarta
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Bus TransPatriot Kota Bekasi masih sepi penumpang. 

 Pemerintah Kota Bekasi berencana melakukan integrasikan bus Trans Patriot dengan Trans Jakarta.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan rencana integrasi Trans Patriot dengan Trans Jakarta dimulai pada tahun 2019.

"Integrasi transportasi massal kita dengan Trans Jakarta sudah dari jaman Gubernur DKI Jakarta (Ahok). Tapi kita dulu belum ada kesiapan, sekarang kan kita sudah ada kesiapan, besok bisa aja 2019 atau 2020 kita minta bantuan untuk menyediakan dan memfasilitasi ini dari DKI," katanya kepada Wartakota, Minggu (30/12/2018).

Pepen sapaan akrabnya menjelaskan kesiapan itu setelah pihakanya meluncurkan Trans Patriot sebagai transportasi massal warga Kota Bekasi, pada 26 November 2018 lalu.

Ada sebanyak 9 bus Trans Patriot, angkutan publik bus 3/4 itu beroperasi dengan melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi.

Rahmat mengungkapkan rencana mewujudkan integrasi dengan Trans Jakarta diperkuat kembali dengan bantuan hibah 20 bus dari Kementerian Perhubungan RI melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Awalnya bus kita 9 ditambah 20 jadi 29 bus. Tambahan armada ini dirasa cukup untuk kita wujudukan sebagai angkutan massal bagi warga Kota Bekasi yang tersambung dengan Trans Jakarta," ujarnya.

Rencana itu, lanjut Walikota Bekasi dapat membantu mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang menuju ke DKI Jakarta untuk bekerja.

"Jadi Trans Patriot ini jadi feedernya Trans Jakarta, dan itu terkoneksi langsung dengan Trans Jakarta sistemnya. Kita juga bakal sediakan park and ride untuk warga memarkirkan kendaraan pribadi saat beralih ke trasportasi massal," jelasnya.

Park and ride itu, kata Pepen dibangun di tiga titik yakini di Stadion Patriot Chandarabaga, kawasan Lapangan Tenis Alun-alun Kota Bekasi, dan di kawasan Terminal Bekasi.

"Pembangunan tiga lokasi park and ride itu dibiayai dari Pemprov DKI Jakarta. Pak Gubernur Anies juga sudah tanda tangani. Ya semua realisasi sekitar 2019 atau 2020," paparnya.

Diketahui Trans Patriot beroperasi dengan melayani trayek Terminal Bekasi tujuan Harapan Indah dan Harapan Indah tujuan Terminal Bekasi. Rute pertama Terminal Bekasi tujuan Harapan berjarak 14,7 km, sedangkan Harapan Indah menuju Terminal Bekasi berjarak 9,6 km.

Total sebanyak 34 halte menjadi tempat pemberhentian bus transpatriot menaiki dan menurunkan penumpang.

Untuk sementara ini untuk tarif dalam masa uji coba operasi masih digratiskan.

Bus transpatriot juga beroperasi dari pukul 05.00 hingga pukul 22.00 WIB. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved