Kandidat Wagub DKI Ahmad Syaikhu Minta PKS dan Gerindra Cepat Selesaikan Kesepakatan Politik

Proses berikutnya itu harus ada surat keputusan bersama untuk diajukan ke DPRD DKI. Ini kan masih ada proses fit and proper test.

Kandidat Wagub DKI Ahmad Syaikhu Minta PKS dan Gerindra Cepat Selesaikan Kesepakatan Politik
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ahmad Syaikhu 

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra tak kunjung menemukan kesepakan sosok yang mengisi posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang ditinggalkan Sandiaga Uno maju menjadi calon Wakil Presiden.

Meskipun sebelumnya Gerindra sepakat jatah Wagub diberikan kepada PKS dengan mencalonkan dua kandidat kader PKS yaitu mantan Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Namun, tarik ulur posisi Wagub terlihat sebab kurang lebih lima bulan lamanya kedua partai pengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI 2017 masih belum menemukan titik temu.

Melihat situasi tersebut, Ahmad Syaikhu hanya bisa mengikuti alur dan proses politik yang dijalankan pengurus partai DPW PKS dan DPD Gerindra DKI Jakarta.

Meskipun ia berharap agar kedua partai itu segera menyelesaikan kesepakatan politik terkait penunjukan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Saya sebagai kandidat hanya mengikuti flow alur dan proses kedepannya. Tapi saya ya mudah-mudahan DPW PKS dan DPD Gerindra sesegera mungkin bisa menyelesaikan kesepakatan-kesepakatan politis yang diinginkan," kata Syaikhu saat dijumpai di Bekasi, Kamis, (27/12/2018).

Syaikhu menjelaskan, sejatinya kedua partai ini telah sepakat mengajukan dua nama kandidat, yaitu dirinya dan Sekertaris DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto.

Namun, kesepakatan itu belum cukup lantaran usulan kandidiat Wagub DKI perlu tanda tangan melalui surat keputusan bersama untuk diajukan ke DPRD DKI Jakarta.

"Pertemuan PKS dan Gerindra kan sepakat kandidat wagub diserahkan ke PKS. Nah proses berikutnya itu harus ada surat keputusan bersama untuk diajukan ke DPRD DKI. Ini kan masih ada proses fit and proper test," ungkapnya.

Ia enggan menganggapi lebih jauh soal alotnya proses pemilihan wagub DKI.

"Saya kandidat ikut saja, tentunya dengan harapan agar proses itu bisa cepet selesai dan menemukan kata sepakat. (kenapa kesepakatan politik berlangsung lama), itu harus tanya ke DPW PKS dan DPD Gerindra," paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved