25 Rumah Semi Permanen di Kemayoran Terbakar, Diduga Korsleting

Kebakaran melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kemayoran Gempol RT 06/06 Kebon Kosong, Kemayoran,

25 Rumah Semi Permanen di Kemayoran Terbakar, Diduga Korsleting
Warta Kota
kondisi pemukiman Jalan Kemayoran Gempol RT 06/06 Kebon Kosong, Kemayoran yang terbakar akibat arus pendek. Selasa (25/12). 

Kebakaran melanda pemukiman padat penduduk di Jalan Kemayoran Gempol RT 06/06 Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Akibatnya sebanyak 25 rumah hangus terbakar.

Salah satu warga, Helmi (40) menuturkan bahwa kebakaran terjadi pada pukul 14.00, dimana titik api berasal dari salah satu rumah warga yang saat itu tengah kosong di tinggal mudik oleh pemilik rumah.

"Awalnya itu ada satu rumah udah keluarin api dari atap, asap itu ngebul, warga juga udah mulai mau padamin, tapi ternyata di dalam itu api udah besar, nah kebetulan rumah itu lagi di tinggal mudik," kata Helmi, Selasa (25/12/2018).

Helmi, mengungkapan bahwa kondisi api yang sudah cukup besar ditambah, material bangunan yang mudah terbakar, membuat api menjalar ke bangunan disekitarnya. Bahkan rumahnya yang tak jauh dari titik kebakaran pun terkena imbasnya.

"Abis semua, api emang cepet banget, ngak ke bawa, semua ludes, yang di pakai ini aja yang ke bawa. Emang udah panik jadi binggung mau ngapain, cuma nyelamatin diri aja mikirnya," ujarnya.

Sementara itu Lurah Kebon Kosong, Samsul Maarief mengatakan bahwa akibat kebakaran tersebut sebanyak 120 jiwa ke hilangan tempat tinggal. Ia menuturkan bahwa bangunan yang terbakar merupakan kontrakan dari pedagang cincau.

"Untuk jiwa sendiri tercatat ada 120 jiwa itu data sementara, 15 balita, 20 orang anak sekolah. Jumlah yang terdampak ada 25 rumah semi permanen jadi ada 40 pintu. Jadi kebanyakan ini adalah rumah para pengontrak," katanya.

Menurutnya petugas Damkar yang tiba lokasi langsung berusaha memadamkan api hingga tidak menjalar ke bangunan lain yang menambah dampak bangunan yang terbakar, kurang lebi satu jam kebakaran berhasil dipadamkan.

Saat ini, untuk penanganan kebakaran pihaknya bersama Dinas Sosial berupaya membangun tenda pengungsian sementara bagi warga yang terdampak dalam kebakaran tersebut.

"Ini dari dinas sosial sudah mengirimkan konsumsi untuk makan malam. Nanti akan kita pakai tenda sementara waktu bagi warga yang terdampak, alhamduliah tidak ada korban jiwa," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved