Tsunami Pantai Anyer

Menkes Nila Moeloek Tekankan Kebersihan Sebagai Upaya Penanganan Pasca-Bencana

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, mengingatkan pentingnya penanganan kebersihan pasca penanganan para korban bencana tsunami Selat Sunda.

Menkes Nila Moeloek Tekankan Kebersihan Sebagai Upaya Penanganan Pasca-Bencana
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Menteri Kesehatan, Nila Moeloek (kedua dari kiri) saat mendatangi RSUD Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018). 

WARTA KOTA, BANTEN --- Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, mengingatkan pentingnya penanganan kebersihan pasca penanganan para korban bencana tsunami Selat Sunda, di Pantai Anyer.

"Ini yang penting memang yang pertama emergency-nya kita harus tangani dulu, tentu evakuasi korban yang meninggal tentu akan membawa dampak kepada lingkungan misalnya pembusukan," kata Nila di RSUD Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).

Nila Moeloek yang saat itu didampingi oleh Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumy, menjelaskan, menjaga kebersihan sangat penting sebagai upaya penangan bencana khususnya bakteri.

Misa Natal 2018, Gereja Katedral Berdoa untuk Korban Tsunami Pantai Anyer dan Lampung

"Tadi bicara sama Pak Wagub, kebersihan penting, jadi bukan hanya bidang kesehatan, tenaga kesehatan, mereka juga lelah," ucapnya.

"Artinya masyarakat sendiri, kita sendiri harus menjaga kebersihan seandainya tetangga saya runtuh dan ada sesuatu ya kita bantu disinfektan," ucapnya.

Sebelumnya,  Nila Moeloek mengunjungi  ruangan IGD RSUD Berkah Pandeglang untuk berbicara dengan para petugas medis dan korban luka.

Keluarga Temukan Finalis None Jakarta Timur Korban Tsunami Pantai Anyer dalam Kantong Mayat

Nila Moeloek juga melihat ke bagian belakang kamar jenazah yang dijadikan pos antemortem oleh petugas kepolisian.

Berdasarkan data terakhir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 281 orang meninggal dunia dan 1.016 orang luka-luka akibat tsunami di pesisir Banten pada Sabtu (22/12/2018) malam.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved