Rizal Ramli Mengaku Pernah Sarankan Jokowi Beli Semua Saham Perusahaan Induk Freeport di Amerika

Menurutnya, harga saham Freeport-McMoRan Inc saat itu di Bursa Saham New York mengalami terjun bebas.

Rizal Ramli Mengaku Pernah Sarankan Jokowi Beli Semua Saham Perusahaan Induk Freeport di Amerika
TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA
Rizal Ramli menyambangi Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018), untuk menuntut Ketua Partai Nasdem Surya Paloh. 

MANTAN Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengaku pernah mengusulkan Presiden Joko Widodo membeli seluruh saham induk perusahaan PT Freeport Indonesia, yaitu Freeport-McMoran Inc yang berbasis di Arizona, Amerika Serikat.

Hal itu diungkapkan Rizal Ramli sebagai bentuk kekecewaan atas kerberhasilan pemerintah melalui PT Inalum menguasai saham 51,2 persen saham PT Freeport Indonesia yang diumumkan pada Jumat (21/12/2018) lalu.

Menurutnya, membeli seluruh saham Freeport-McMoRan Inc lebih menguntungkan Indonesia daripada hanya membeli sebagian saham PT Freeport Indonesia yang notabene merupakan anak perusahaan.

Indonesia Kuasai Mayoritas Saham Freeport, Rizal Ramli Malah Kecewa

“Tiga tahun lalu atau tepatnya akhir 2015 dan awal 2016, saya pernah mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk membeli 100 persen saham Freeport-McMoRan Inc yang saat itu dihargai USD 5 miliar atau Rp 69 triliun dengan kurs rupiah saat itu,” ungkap Rizal Ramli di Jakarta, Sabtu (22/12/2018).

Menurutnya, angka itu tak jauh dengan apa yang dikeluarkan PT Inalum untuk menguasai 51,2 persen PT Freeport Indonesia, yaitu Rp 55,8 triliun.

“Tentu bila Presiden Jokowi menuruti usulan saya, akan lebih menguntungkan daripada sekadar membeli 51,2 persen saham PT Freeport Indonesia, bukan?” jelas Rizal Ramli.

Maruf Amin Puji Permainan Cantik Jokowi Ambil 51 Persen Saham Freeport

Menurutnya, harga saham Freeport-McMoRan Inc saat itu di Bursa Saham New York mengalami terjun bebas.

“Salah satunya karena imbas perbedaan pendapat saya dengan Menteri ESDM saat itu, yakni Sudirman Said, tentang perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia,” bebernya. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved