Wali Kota Jakarta Selatan Canangkan Gerakan Masjid Ramah Disabilitas

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matalli, meresmikan Gerakan Masjid Ramah Disabilitas, Jumat (21/12/2018).

Wali Kota Jakarta Selatan  Canangkan Gerakan Masjid Ramah Disabilitas
Warta Kota/Feryanto Hadi
Penyandang disabilitas sedang mengambil wudhu di tempat khusus penyandang disabilitas di Masjid El-Syifa, Jalan Moh Kahfi 1, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018). 

WARTA KOTA, JAGAKARSA --- Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matalli, meresmikan Gerakan Masjid Ramah Disabilitas, Jumat (21/12/2018).

Gerakan Masjid Ramah Disabilitas dan Tempat Wudhu Khusus Disabilitas  itu mulai dicanangkan di Masjid El-Syifa, Jalan Moh Kahfi 1, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018).

Marullah Matali mengatakan, sangat penting bagi masjid untuk memfasilitasi umat dengan berbagai kondisi dan situasi, termasuk bagi penyandang disabilitas.

"Saya sangat bangga mungkin ini menjadi contoh di wilayah Jakarta Selatan yang mungkin bisa diterapkan di tempat lain. Karena fasilitas ini sangat membantu sekali para penyandang disabilitas untuk beribadah," ujarnya.

Tinjau Pasar Poncol, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali Geram lihat Sampah Berserakan

Dia menjelaskan, masjid harus menjadi tempat yang paling ramah terhadap para penyandang disabilitas.

Menurut Marullah, hak untuk mendapatkan akses yang mudah tentu tidak boleh dihambat, apalagi saat sedang beribadah kepada Allah.

"Di ruang toiletnya, letaknya terpisah dari ruang wudhu sebelah kanan, ada dua bagian yakni untuk pengunjung biasa dan pengunjung dengan disabilitas," katanya.

"Demikian pula dengan ruang tempat wudhu di lantai dasar. Pihak masjid menyediakan kamar mandi untuk disabilitas dan tiga tempat wudhu untuk disabilitas," ucapnya.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali Meresmikan WARJA OK OCE

Salah satu pengguna tempat wudhu ramah disabilitas, Rani (32) mengatakan, fasilitas tersebut betul-betul bermanfaat baginya.

Rani mengaku bahwa dirinya kerap mendapat kendala ketika ingin mengambil air wudhu

"Sebetulnya saat sebelum ada fasilitas ini sangat sulit sekali karena sulitnya dengan keterbatasan kami dan juga terbatasnya fasilitas untuk disabilitas."

" Adanya fasilitas tempat wudhu di Masjid El-Syifa Jagakarsa ini sangat membantu sekali saat kita mau beribadah. Kami berterima kasih kepada pemerintah yang telah memedulikan kami kaum disabilitas yang ingin beribadah," ucap Rani.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved