Natal dan Tahun Baru

Tinjau Mudik Nataru, Menhub Budi Karya akan Tambah Ruang Tunggu dan Parkir Stasiun Pasar Senen

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyebut akan melakukan penambahan fasilitas ruang tunggu dan parkir di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Tinjau Mudik Nataru, Menhub Budi Karya akan Tambah Ruang Tunggu dan Parkir Stasiun Pasar Senen
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyapa penumpang yang akan mudik di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Mohamad Yusuf 

Senen, Warta Kota -- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi,  menyebut akan melakukan penambahan fasilitas ruang tunggu dan parkir di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Hal tersebut diungkapkan saat melakukan peninjauan arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018 di Stasiun Pasar Senen, Jumat (21/12/2018) pagi, bersama jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI).

“Dari hasil pengamatan yang sudah saya lakukan sejak kemarin, pelayanan kereta api sudah baik, termasuk kemudahan mendapatkan tiket. Tapi kalau dilihat dari jumlah ruang tunggu itu minimal. Jadi kami usulkan agar ada satu pengembangan berkaitan dengan ruang tunggu dan parkir,” kata Budi Karya, usai melakukan peninjauan yang didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian, Kemenhub, Zulfikri itu.

Pasalnya, jumlah penumpang di stasiun tersebut cukup banyak.

Seperti halnya pada jumlah arus mudik Nataru di Stasiun Pasar Senen, mencapai 312.819 penumpang. Yaitu sejak tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

“Nantinya di Stasiun Pasar Senen ini akan dibangun rumah susun dengan pendekatan TOD (Transit Oriented Development) untuk kereta MRT (Mass Rapid Transit. Jadi kalau ada satu titik yang nantinya menjadi simpul MRT, LRT, atau kereta jarak jauh, itu pasti ada suatu kumpulan masa yang banyak. Karena itu kita harus develop koefisien dasar bangunannya diperluas,” jelasnya.

Sementara itu, untuk hasil pengamatan dirinya, pada arus mudik Nataru, ia menilai sudah terdapat kemudahan oleh penumpang.

Salah satunya kemudahan untuk melakukan pemesanan tiket.

“Memang saat ini untuk mendapatkan tiket sudah bisa dicapai dan tidak ada satu pun yang merasa susah, relatif gampang. Jadi kemudahan itu harus kita tingkatkan dan berikan kepada penumpang,” jelasnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved