Termasuk Gratifikasi, Kadisdik Imbau Guru Lapor KPK Jika Terima Hadiah

Sudah menjadi budaya, para orangtua yang mengambil rapot buah hatinya memberikan cenderamata atau ucapan terima kasih kepada Guru Wali Kelas.

Termasuk Gratifikasi, Kadisdik Imbau Guru Lapor KPK Jika Terima Hadiah
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Bowo Irianto di Balai Kota. 

HARI ini dan besok seluruh sekolah di DKI Jakarta melaksanakan pembagian rapot.

Sudah menjadi budaya, para orangtua yang mengambil rapot buah hatinya memberikan cenderamata atau ucapan terima kasih kepada Guru Wali Kelas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Bowo Irianto tak membenarkan hal tersebut sebab sudah termasuk bentuk gratifikasi.

"Iya, pemberian uang dan cenderamata itu gratifikasi, meskipun dari sisi lain (pemberian) sudah menjadi budaya yang tidak bisa dihindarkan," ujar Bowo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Namun berbeda jika Guru menerima hadiah berupa makanan seperti kue, Bowo masih bisa memakluminya.

"Kalau mereka (orang tua murid) datang cuma ngasih kue, segala macam yaudah lah kita maklumi. Tapi tidak kalau uang," tegas Bowo.

Jika Guru tetap dipaksa menerima hadiah itu, Bowo menyarankan agar segera melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Guru sekolah kalau merasa tidak enak menolak atau dipaksa menerima, yasudah setelah itu serahkan kepada KPK melalui bagian gratifikasi," ucapnya Bowo.

Diketahui tindak pidana gratifikasi diatur dalam Undang-undang (UU) momor 31 tahun 1999 dan UU nomor 20 tahun 2001.

Gratifikasi yang dimaksud tersebut yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

Sanksi pidana tindak pidana gratifikasi ancamannya adalah penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun serta denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 Miliar.

Namun ancaman itu tak berlaku jika Guru melaporkan gratifikasi yang diterimanya kepada KPK sebelum 30 hari kerja terhitung sejak tanggal gratifikasi diterima.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved