Hari Ibu

Peringatan Hari Ibu Tak Sekadar Seremonial, tapi Tentang Semangat Juang Wanita

SABTU, 22 Desember 2018, merupakan peringatan Hari Ibu ke-90 yang juga hari lahirnya pergerakan perjuangan perempuan Indonesia melalui Kowani.

Peringatan Hari Ibu Tak Sekadar Seremonial, tapi Tentang Semangat Juang Wanita
Istimewa
GIWO Rubianto, Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) 

SABTU, 22 Desember 2018, merupakan peringatan Hari Ibu ke-90 yang juga hari lahirnya pergerakan perjuangan perempuan Indonesia melalui wadah Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto mengatakan bahwa Kowani jauh lebih tua dari umur kemerdekaan Republik Indonesia serta bersamaan dengan Sumpah Pemuda yakni sejak tahun 1928.

Bahkan hari lahir Kowani diberikan apresiasi oleh Presiden RI pertama, Soekarno melalui Keputusan Presiden (Kepres) nomor 316 tahun 1959.

"Harapannya hari dan tanggal tersebut bisa dijadikan sebagai prasasti penting atau tonggak sejarah dalam kehidupan perjuangan negara, khususnya bagi para wanita," ujar Giwo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/12/2018).

Sehingga menurutnya 22 Desember bukan sekedar hari untuk diperingati, diingat ataupun dirayakan secara serimonial, namun ada pesan yang ditanamkan sebagai nilai yang sakral dan sarat makna tentang semangat juang wanita.

Selain itu Giwo juga menjelaskan pada Hari Ibu tahun 1938 tercetuslah konsep 'Ibu Bangsa' dengan harapan wanita Indonesia dapat melaksanakan kewajiban utamanya yakni wajib berusaha membina pertumbuhan generasi penerus yang lebih sadar akan kebangsaannya.

Oleh karena itu, khusus peringatan Hari Ibu tahun ini, Giwo ingin menggali kembali semangat dan makna 'Ibu Bangsa'.

"Dalam kehidupan kekinian, wanita sebagai Ibu Bangsa sangat dibutuhkan. Sebagai wanita pada lintasan binaan dan perhatiannya yang bukan lagi hanya pada inter keluarganya semata," kata Giwo. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved