Anak-Anak Usia SD-SMP Rentan Terkena Hepatitis A, Ini Penyebabnya

ANAK-anak usia sekolah tingkat SD-SMP disinyalir rentan terkena penyakit Hepatitis A.

Anak-Anak Usia SD-SMP Rentan Terkena Hepatitis A, Ini Penyebabnya
healthbeat.spectrumhealth.org
Ilustrasi Hepatitis A 

ANAK-anak usia sekolah tingkat SD-SMP disinyalir rentan terkena penyakit Hepatitis A. Perilaku yang masih suka jajan sembarangan dan menggunakan alat makan bersama, menjadi salah satu faktor pemicunya.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengatakan, anak-anak rentan terkena Hepatitis A dikarenakan daya tahan tubuh yang belum kuat.

“Memang anak-anak rentan (terkena penyakit Hepatitis A), imunnya (daya tahan tubuh) kan masih rentan,” ungkap Wawan, Jumat (21/12/2018).

Penyelesaian Kasus Penyerangan Novel Baswedan Lamban, Saut Situmorang Sampai Dibilang Kambing

Selain itu, faktor risiko juga lebih besar terjadi pada anak-anak dikarenakan perilaku yang kurang higienis. Penggunaan seperti alat makan bersama dan tidak mencuci tangan seusai beraktivitasm menjadi salah satu pemicunya.

“Seharusnya kan enggak boleh penggunaan alat makan bersama kayak piring, sendok, begitu juga tukeran gelas, enggak boleh,” katanya.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Muhammad Helmi mengaku sempat mendapati adanya peningkatan kasus Hepatitis A. Pada tahun 2018, dari 120 orang yang terindikasi, ada 13 orang dinyatakan positif Hepatitis A.

Sudah Sehati, Maruf Amin Bilang Dirinya Tak Bisa Diadu Domba dengan Erick Thohir

“Itu khusus di Kecamatan Koja dari awal Juli hingga akhir November. Tapi sekarang sudah enggak, sudah nol. Mereka yang positif juga sudah sembuh,” ujarnya.

Cepatnya penanganan tersebut tidak lepas dari metode Early Warning System (EWS). Sehingga, ketika ada indikasi peningkatan, bisa dilakukan pencegahan agar tidak semakin meningkat.

“Orang menduga hepatitis, karena kuning tadi, kami harus tetep lapor. Itulah yang disebut EWS. Jadi begitu dilihat dari Juli sudah mulai naik, nah, kita lakukan itu supaya tidak terjadi peningkatan serius,” paparnya.

Hepatitis A adalah infeksi hati menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Virus ini merupakan salah satu dari beberapa jenis virus hepatitis yang menyebabkan peradangan dan memengaruhi kemampuan hati untuk berfungsi. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved