Pembuatan KIA di Bekasi Membeludak, Dinas Dukcapil Jamin Ketersedian Blangko

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi menjamin ketersedian blangko untuk pembuatan Kartu Identitas Anak.

Pembuatan KIA di Bekasi Membeludak, Dinas Dukcapil Jamin Ketersedian Blangko
Warta Kota/Muhammad Azzam
Warga menyerbu Kantor Kecamatan Bekasi Barat untuk melakukan pembuatan Kartu Identitas Anak, Kamis (20/12/2018). Bahkan ada warga yang telah datang sejak pukul 05.00 WIB sebelum kantor kecamatan buka. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil Kota Bekasi menjamin ketersedian blangko untuk pembuatan Kartu Identitas Anak atau KIA.

Habisnya blangko dikhawatirkan warga yang mengurus pembuatan Kartu Identitas Anak untuk anaknya.

Pasalnya hari ini antrean warga yang mengurus pembuatan Kartu Identitas Anak cukup membeludak hampir di seluruh kecamatan di Kota Bekasi.

"Ketersedian blangko Kartu Identitas Anak insya Allah aman, warga tidak perlu khawatir," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jamus Rasidi, kepada Warta Kota, Kamis (20/12/2018).

Jamus mengatakan, antusias warga dalam membuat Kartu Identitas Anak melonjak siginfikan dari awal peluncuran.

"Kemarin-kemarin sepi, ini mungkin hari ini warga sudah banyak yang tahu, dari warga yang sudah buat. Ngobrol-ngobrol ke tetangganya jadi membuat antusias warga membuat Kartu Identitas Anak itu meningkat," katanya.

Jamus mengatakan, dalam tahap awal pihaknya menyiapkan 10.000 blangko KIA. Melihat antusias cukup tinggi penyediaan blangko ini akan ditingkatkan.

"Setelah 10.000 blangko, nanti kami siapkan kembali 200.000 blangko. Kalau masih kurang, kami sudah antisipasi pengajuan penambahan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," katanya.

Terkait warga tidak langsung mendapatkan KIA, Jamus menerangkan bukan karena blangko minim atau habis.

Akan tetapi karena warga yang membuat KIA membludak diatur prosesnya dengan cara dihimpun terlebih dahulu datanya, sebelum pencetakan massal.

"Warga yang buat KIA ini banyak membludak, kalau satu-satu langsung cetak lama prosesnya. Jadi kami himpun dulu berkasnya, setelah baru dicetak dan distribusikan," katanya.

Untuk membuat Kartu Identitas Anak, warga cukup membawa e-KTP orangtua, akta lahir anak, kartu keluarga yang telah tercantum nama anak dan foto ukuran 2x3 anak atau bisa foto di kecamatan masing masing wilayah.

KIA yang akan diberikan dan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini dibagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama untuk anak yang berusia 0 sampai dengan 5 tahun yang KIA tanpa foto anak.

Sedangkanyang kedua untuk anak yang berusia 5 sampai dengan 17 tahun menggunakan foto anak.

KIA ini juga menjalankan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, bahwa KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil.

Kartu Identitas Anak Jadi Syarat Masuk Sekolah, Warga Serbu Kantor Kecamatan di Kota Bekasi

Pemkot Bekasi Siapkan 200.000 Blangko untuk Kartu Identitas Anak Tahun 2019

Pemerintah Kota Bekasi Siapkan 10.000 Keping Kartu Identitas Anak

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved