Antrean Warga Membludak, KIA Tak Langsung Dicetak

Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi mengatur prosesnya agar semua warga dapat dilayani dengan baik.

Antrean Warga Membludak, KIA Tak Langsung Dicetak
Warta Kota/Muhammad Azzam
Warga padati kantor kecamatan Bekasi Barat untuk membuat Kartu Indentitas Anak (KIA), Kamis (20/12/2018). 

Warga Kota Bekasi yang hendak membuat Kartu Identitas Anak (KIA) tidak bisa langsung mendapatkannya.

Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi mengatur prosesnya agar semua warga dapat dilayani dengan baik.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi menjelaskan bahwa proses itu diatur dengan cara berkas syarat-syarat pengajuan pembuatan KIA dihimpun terlebih dahulu.

Untuk kemudian, dicetak dan didisribusikan.

"Artinya semua yang kita lakukan karena terlalu membludaknya pemohon KIA. Sehingga kita atur prosesnya. Kalau satu-satu kita langsung cetak itu lama, membuat antrean semakin banyak. Jadi dihimpun dulu berkasnya, setelah itu dicetak lalu distribusikan. Ya bisa besoknya, luas atau tergantung jumlah pemohon KIA dalam sehari itu," katanya kepada Warta Kota, Kamis (20/12/2018).

Jamus menerangkan langkah itu dilakukan agar semua warga dapat terlayani dengan baik.

"Misal sehari itu ada 200, kalau semua dicetak itu lama, antriannya akan semakin banyak. Petugas dan alat kita juga ada batasnya. Jadi kita himpun dulu, misal 1-50 dulu tergantung kecamatan masing-masing. Baru besoknya atau beberapa hari kedepan diambil," ungkapnya.

Jamus menambahkan jumlah warga dalam melakukan pembuatan KIA ini cukup signifikan dibandingkan pada saat peluncuran dan hari kedua.

"Ya waktu peluncuran hanya keseluruhan sekitar 100 saja. Hari kedua ketiga ya sekitar 500 seluruh kecamatan. Kalau hari datanya belum ada, tapi bisa mencapai sekitar 500 pemohon KIA tiap kecamatan," ucapnya.

Meningkatnya jumlah pemohon KIA, lanjut Jamus usai memberikan instruksi ke Camat, Lurah maupun ketua RW dan RT agar warga segera membuat KIA.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved