Penempatan Lokasi Sementara Pedagang Kaki Lima di Trotoar Akan Dikaji

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali akan mengkaji keberadaan lokasi sementara atau loksem pedagang kaki lima di trotoar.

Penempatan Lokasi Sementara Pedagang Kaki Lima di Trotoar Akan Dikaji
Warta Kota/Alex Suban
Pedagang Kaki Lima (PKL) menjajakan dagangannya dengan mangkal di sepanjang trotoar di dekat Stasiun Palmerah, Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU--- Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali akan mengkaji keberadaan lokasi sementara atau loksem pedagang kaki lima atau PKL yang menempati area trotoar atau fasilitas umum.

Hal ini menanggapi sejumlah protes yang dilakukan masyarakat terkait okupansi beberapa lokasi sementara atau JS terhadap trotoar yang menyebabkan pejalan kaki kehilangan haknya.

"Untuk loksem itu sebenarnya sementara, sebelum pedagang binaan mendapatkan lokasi jualan yang dirasa tepat dan memadai. Soal penempatan PKL di trotoar itu harusnya memang dikaji setahun sekali, apakah benar-benar mengganggu atau tidak," kata Marullah saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (19/15/2018).

"Harusnya, jika memang berada di trotoar, tidak semua digunakan. Sisakan trotoar untuk pejalan kaki juga perhatikan juga akan tempat parkirnya memadai atau tidak," katanya.

Marullah mengatakan, pihaknya tentu akan mendengar keluhan, kritik bahkan protes dari warga terkait keberadaan loksem yang ditempati pedagang kaku lima di bawah binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP).

"Dalam melihat masalah ini, kami harus melihat kepentingan masyarakat dan juga pedagang. Harus ada win win solution. Jangan merugikan keduanya. Solusinya, jangan di okupansi semua, sisakan untuk pejalan kaki. Dan itu dalam format sementara. Kemudian, Dievaluasi setiap tahun. Ketika di tengah tahun ada solusi tempat lain ya segera dipindahkan," kata Marullah.

Penertiban PKL Liar Kota Tua Ricuh, Petugas dan PKL Nyaris Adu Jotos

Usai Tertibkan PKL, Pemkab Bekasi Bakal Tertibkan Parkir Liar di Sentral Grosir Cikarang

Inilah Sang Penyelamat Tanah Abang dari Kemacetan Akibat PKL

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved