Jurnalis Arab Saudi Hilang

Jenderal Arab Saudi yang Dipecat dalam Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi Kunjungi Israel

SEORANG pejabat senior intelijen Arab Saudi yang dipecat karena diduga terlibat pembunuhan Jamal Khashoggi dikabarkan diam-diam mengunjungi Israel.

Jenderal Arab Saudi yang Dipecat dalam Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi Kunjungi Israel
tv-boom.com
MAYOR Jenderal Ahmed al-Assiri dan Saud al-Qahtani 

SEORANG pejabat senior intelijen Arab Saudi yang dipecat karena diduga terlibat pembunuhan Jamal Khashoggi dikabarkan diam-diam mengunjungi Israel.

Kabar ini dimuat harian The Wall Street Journal edisi Selasa (18/12/2018), mengutip sejumlah sumber yang mengetahui kunjungan tersebut.

Menurut para sumber itu, Mayor Jenderal Ahmed al-Assiri, mantan wakil kepala dinas intelijen yang dipecat Oktober lalu, mengunjungi Israel.

Ditekan soal Pembunuhan Jamal Khashoggi, Warga Arab Saudi Boikot Produk Turki

Ini Sosok Kunci Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi yang Diungkap Turki

Kunjungan Al-Assiri ini adalah untuk mendiskusikan keuntungan Arab Saudi jika menggunakan teknologi pengintaian buatan Israel.

Harian yang sama juga menyebut, orang dekat Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), Saud al-Qahtani, juga terlibat upaya rahasia meningkatkan hubungan Saudi-Israel.

Sama dengan Al-Assiri, Saud al-Qahtani juga dipecat dari jabatannya karena dianggap terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi.

Para sumber ini kepada The Wall Street Journal mengatakan, Qahtani memberikan arahan kepada media Saudi untuk memoles citra Israel dan terlibat dalam proses pembelian teknologi mata-mata dari Israel.

"Qahtani adalah pemain utama dalam semua ini. Dia menginginkan yang terbaik dan dia mengetahui perusahaan Israel memiliki teknologi terbaik," kata salah satu sumber.

Sayangnya, baik Al-Assiri, Al-Qahtani maupun pemerintah Israel tak memberikan komentar terkait kabar tersebut.

Di sisi lain, Amerika Serikat selalu berupaya agar hubungan Saudi dan Israel membaik.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved