BUMN PT PII Raih Penghargaan CGPI Award

PII sebagai perusahaan yang dipercaya publik pada Corporate Governance Perception Index (CGPI) Awarding

BUMN PT PII Raih Penghargaan CGPI Award
istimewa
BUMN PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan yang dipercaya publik pada Corporate Governance Perception Index (CGPI) Awarding 2018. 

BUMN dibawah Kementerian Keuangan, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan yang dipercaya publik pada Corporate Governance Perception Index (CGPI) Awarding 2018. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama PT PII Armand Hermawan, di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).

PT PII dinilai telah melakukan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG). Yakni menerapkan Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, Fairness. Sehingga memiliki kinerja yang gemilang.

Direktur Utama PT PII, Armand Hermawan menyatakan penghargaan ini sekaligus menunjukan bahwa PT PII sebagai perusahaan yang terpercaya. CGPI adalah program riset dan pemeringkatan penerapan GCG pada perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Peringkat disusun berdasarkan perancangan riset yang mendorong perusahaan meningkatkan kualitas penerapan konsep Corporate Governance (CG) melalui perbaikan yang berkesinambungan (continuous improvement).

“Penghargaan ini menjadikan PT PII semakin termotivasi untuk selalu menerapkan prinsip GCG yang ke depannya akan membawa manfaat positif bagi kita semua. Dengan diberikannya penghargaan ini juga menjadi akhir tahun yang baik bagi PT PII setelah sebelumnya mendapatkan awarding dalam ajang Asean Risk Award 2018 dengan kategori Public Initiative,” ujar Armand seperti dikutip dari siaran persnya.

Penilaian CGPI Award dilakukan melalui dua tahapan penilaian yaitu tahapan analisis dan observasi. Dalam tahapan analisis dilakukan melalui metode self assessment digunakan kuesioner untuk responden dari stakeholder internal dan eksternal Perusahaan yang meliputi aspek Komitmen, transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, keadilan, kepemimpinan, kapabilitas, strategi, risiko, etika, budaya dan keberlanjutan.

Selanjutnya pada tahapan observasi dilakukan paparan dan diskusi untuk klarifikasi atas implementasi, evaluasi dan perbaikan governansi korporasi dalam kerangka GCG yang telah dilakukan oleh Pupuk Indonesia.

Riset dan pemeringkatan penerapan GCG ini diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) terhadap Perusahaan public (emiten), Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Perbankan dan Perusahaan Swasta di Indonesia serta Lembaga Keuangan Syariah.

CGPI Award tahun ini bertema “Transformasi Model Bisnis dalam Kerangka Good Corporate Governance”. Melalui riset ini, diharapkan Perusahaan dapat senantiasa meningkatkan kualitas penerapan konsep corporate governance.

Seperti diketahui, PT PII telah memberikan penjaminan kepada sejumlah 17 (Tujuh Belas) proyek infrastruktur yang terdiri dari 3 proyek pada sektor Telekomunikasi, 10 proyek pada sektor Jalan Tol, 3 proyek pada sektor Air Minum dan 1 proyek pada sektor Ketenagalistrikan.

Di samping itu, sejak tahun 2018 ini PT PII juga telah melaksanakan mandat baru sebagai pelaksana Project Development Facility (PDF) melalui penugasan dari Kementerian Keuangan RI pada 4 proyek yaitu proyek Kereta Api Makassar – Pare-pare pada sektor Transportasi, proyek Preservasi Jalan Lintas Timur Sumsel dan Riau untuk sektor Preservasi Jalan Non-Tol dan proyek RS Kanker Dharmais untuk sektor Kesehatan.

Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved