Terkait Aktivitas Gunung Merapi, Sri Sultan HB X: Kalau Takut Silakan Keluar dari Yogyakarta

TERKAIT aktivitas Gunung Merapi dalam satu pekan terakhir ini, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X menghimbau warga untuk tidak panik.

Terkait Aktivitas Gunung Merapi, Sri Sultan HB X: Kalau Takut Silakan Keluar dari Yogyakarta
Antara Foto/Aloysius Jarot Nugroho
PENGENDARA melintas di jalur Boyolali-Magelang berlatar belakang letusan freatik Gunung Merapi di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (11/5/2018). Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terjadi letusan freatik Gunung Merapi disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah pada pukul 07.32 WIB. 

TERKAIT aktivitas Gunung Merapi dalam satu pekan terakhir ini, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X menghimbau warga untuk tidak panik.

Sri Sultan mengatakan, Gunung Merapi merupakan gunung berapi paling aktif di dunia. Untuk itu, masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar Merapi harus menerima kenyataan tersebut.

“Merapi itu kan gunung teraktif di dunia, yo wis terima saja, wajar saja. Tinggal bagaimana mewaspadai dan menyikapi itu saja. Kalau wedi (takut) ya keluar dari Yogya gitu lho,” kata Sri Sultan, di kompleks Kepatihan, Senin (17/12/2018).

5 Fakta di Balik Lava Pijar Merapi Minggu Malam, Sudah Dikatakan 4 Hari Sebelumnya

Guguran Lava Pijar di Gunung Merapi, Kepala BPPTKG Yogyakarta: Sudah Terjadi Sejak Agustus

Sri Sultan juga memastikan, para petugas terus melakukan pantauan terhadap aktivitas Gunung Merapi. Dari hasil pantauan tersebut akan menjadi patokan untuk menentukan kebijakan secara proporsional untuk keselamatan warga.

Selain itu, Gubernur DIY tersebut meminta media massa untuk memberitakan informasi bencana dengan valid dan proporsional.

“Teman-temen pers seharusnya bisa memfasilitasi (informasi valid) saja biar masyarakat tidak panik,” kata Sri Sultan.

Status Waspada

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana, mengatakan, status Gunung Merapi hingga Senin (17/12/2018) masih waspada.

“Info dan hasil koordinasi dengan BPPTKG status masih sama l level II atau waspada. Rekomendasi sama, masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan tidak panik, jangan termakan info-info tidak resmi lainnya," kata dia. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terkait Kondisi Merapi, Ini Kata Sri Sultan kepada Warganya" dan Tribunjogja.com dengan judul "Sultan: Kalau Takut dengan Merapi Silakan Keluar dari Yogya"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved