Sisa Dua Pekan, Penyerapan APBD DKI Jakarta Tahun 2018 Baru 67 Persen

Sekda Pemprov DKI Saefullah mengatakan hingga saat ini penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Derah (APBD) DKI Jakarta baru mencapai 67,65 persen.

Sisa Dua Pekan, Penyerapan APBD DKI Jakarta Tahun 2018 Baru 67 Persen
Istimewa
MOHAMMAD Syaifullah, Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta 

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Pemprov DKI Jakarta Mohammad Saefullah mengatakan hingga saat ini penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Derah (APBD) DKI Jakarta baru mencapai 67,65 persen.

Padahal Tahun 2018 hanya sisa dua pekan lagi, namun baru terserap sebesar Rp 50,7 Triliun dari total Rp 75 Triliun APBD DKI 2018.

Penyerapan itu terbagi dari belanja langsung dan belanja tidak langsung dengan rincian;

1. Belanja langsung
Belanja langsung merupakan belanja barang dan jasa yang tingkat penyerapannya baru mencapai 61,81 persen atau setara dengan Rp 25,35 Triliun dari Rp 41 Triliun.

2. Belanja tidak langsung
Belanja tidak langsung terdiri dari belanja pegawai, hibah, subsidi, bantuan sosial dan lainnya yang tingkat penyerapannya baru mencapai 74,66 persen. Setara dengan Rp 25,44 Triliun dari Rp 34 Triliun.

Namun Saefullah tetap optimis penyerapan tahun ini bisa melebihi tahun kemarin, sebab belum semua kontraktor mengirim tagihan pengerjaan proyek.

"Ini kan tagihan-tagihan lagi masuk ini. Pembangunan sekolah yang rehab berat, yang rehab total, pembangunan proyek-proyek fisik lagi masuk. Kita yakin melebihi tahun kemarin (nilai serapannya)," ujar Saefullah di Balai Kota, Senin (17/12/2018).

Ia yakin persentase penyerapan APBD 2018 ini bisa berubah dalam dua hari ke depan.

"Nanti satu dua hari pantau lagi. Ini kan minggu-minggu penentuan. Sampai minggu depan kan masih ada beberapa hari lagi," kata Saefullah. (M16)

Caption: Sekretaris Daerah Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved