Pedagang Pasar Kramatjati Diimbau Tak Gunaan Plastik Kresek

Pengunaan kantong belanja plastik sekali pakai mulai diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama Kementerian Lingkungan Hidup

Pedagang Pasar Kramatjati Diimbau Tak Gunaan Plastik Kresek
Warta Kota/Rangga Baskoro
Sosialisasik kantong belanja plastik sekali pakai di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (18/12/2018). 

Pengunaan kantong belanja plastik sekali pakai mulai diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama Kementerian Lingkungan Hidup, hal tersebut di sosialisasikan di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isnawa aji mengatakan dalam upaya untuk menekan pengunaan kantong plastik yang dapat mempengaruhi lingkungan, selain melakukan sosialisasi juga mengajak beberapa pengusaha kantong plastik untuk mengunakan bahan-bahan yang mudah terurai.

"Mungkin salah satunya dengan mengajak mereka untuk beralih yang tadinya memproduksi plastik kresek untuk menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan," kata Isnawa, Selasa (18/12).

Dikatakan Isnawa, sesuai peraturan yang ada, ada beberapa material-material pengunaan bahan kantong plastik yang dapat digunakan oleh produsen kantong plastik. Sehingga dari bahan-bahan tersebut, kantong-kantong tersebut lebih ramah lingkungan.

"Kita tahu ada peraturan LHK terkait dengan kantong yang memang ada materialnya bisa di recycle misalnya terbuat dari serat tapioka, mungkin terbuat dari rumput laut dll," ucapnya.

Meski begitu, pihaknya tentu akan memberikan saksi kepada produsen walau saksi tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, meski begitu pihaknya dalam menerapkan pengunaan kantong plastik sekali pakai ini lebih mengendepankan sosialisasi kepada masyarakat.

"Sanksi pasti ada yang mengeluarkan adalah dari kementerian. Tetapi yang penting Jakarta sudah harus berbenah mulai dari sekarang," ujarnya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved