Jurnalis Arab Saudi Hilang

Ditekan soal Pembunuhan Jamal Khashoggi, Warga Arab Saudi Boikot Produk Turki

TEKANAN terus menerus Turki terhadap Arab Saudi terkait kasus pembunuhan Jamal Khashoggi memicu perlawanan dari warga kerajaan itu.

Ditekan soal Pembunuhan Jamal Khashoggi, Warga Arab Saudi Boikot Produk Turki
heisenbergreport.com
JURNALIS Jamal Khashoggi, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) 

TEKANAN terus menerus Turki terhadap Arab Saudi terkait kasus pembunuhan Jamal Khashoggi memicu perlawanan dari warga kerajaan itu.

Warga Saudi dalam beberapa hari terakhir menyerukan kampanye pemboikotan produk-produk Turki. Ajakan ini dilakukan sebagai bentuk protes atas apa yang mereka sebut sebagai 'posisi Ankara dalam kasus Jamal Khashoggi'.

Para aktivis Saudi menggunakan media sosial itu menyerukan perlawanan terhadap kebijakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Sekjen PBB Serukan Penyelidikan yang Kredibel

Ini Sosok Kunci Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi yang Diungkap Turki

Dengan menggunakan tagar #Saudis_rejecting_the_Turkish_products para aktivis ini mengajak warga Saudi tidak menggunakan produk Turki dan memilih produk lokal.

Para aktivis mengatakan, kampanye ini ditujukan untuk menghukum Presiden Turki yang menyebarkan kebijakan negatif terhadap Arab Saudi.

Di saat perekonomian Turki terpuruk tahun ini, netizen Saudi menegaskan mereka tak perlu membantu Ankara yang berseberangan dengan negara mereka.

Seorang warga Saudi mengatakan, lewat kampanye ini, Erdogan nantinya akan membenci diri sendiri.

Sementara, warga lainnya mengatakan, di saat Turki sibuk mengurus masalah dalam negeri Saudi, negara itu justru tengah membangun masa depan.

"Produk-produk Turki harus diboikot," ujar seorag netizen yang mengatakan Ankara membangun konspirasi terhadap Arab Saudi.

Sejumlah netizen bahkan mempublikasikan sejumlah produk Turki yang dijual di Arab Saudi. Netizen lainnya bahkan menyebut siapa saja yang membeli produk Turki sama dengan mendukung terorisme.

"Karena negeri kita diserang berbagai pernyataan provokatif Erdogan, maka kewajiban ita adalah memboikot semua produk Turki sebagai respon atas semua serangan ini," kata seorang netizen.

"Bagaimana jika 20 juta warga Saudi memboikot produk dan turisme Turki?" tanya seorang netizen.

Dia menambahkan, jika hal itu terjadi wajah Erdogan dan semua orang yang menyerang Arab Saudi akan tertampar dengan keras. (Ervan Hardoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lewat Medsos, Rakyat Arab Saudi Serukan Pemboikotan Produk Turki"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved