Pemerintah Kota Bekasi Meluncurkan Pembuatan Kartu Identitas Anak

Pemerintah Kota Bekasi Meluncurkan Pembuatan Kartu Identitas Anak Pemerintah Kota Bekasi melakukan peluncuran pembuatan kartu identitas anak atau KIA.

Pemerintah Kota Bekasi Meluncurkan Pembuatan Kartu Identitas Anak
Istimewa
Pemerintah Kota Bekasi melakukan peluncuran pembuatan kartu identitas anak atau KIA, Senin (17/12/2018). Peluncuran kartu identitas anak dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Efffendi. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Pemerintah Kota Bekasi Meluncurkan Pembuatan Kartu Identitas Anak Pemerintah Kota Bekasi melakukan peluncuran pembuatan kartu identitas anak atau KIA, Senin (17/12/2018).

Peluncuran kartu identitas anak dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Efffendi, bersama Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, ke beberapa pelajar mulai tingkat SD, SMP, dan SMA di Kota Bekasi.

Penyerahan kartu identitas anak dilakukan di Pendopo Kantor Pemerintah Kota Bekasi dengan menggunakan mobil pelayanan administrasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"KIA di Kota Bekasi, kami launching. Di antara kabupaten dan kota, kami salah satu yang tercepat melakukan penerapan KIA ini," kata Rahmat Effendi.

Dengan dimulainya pembuatan kartu identitas anak ini, Rahmat mengharapkan dan menganjurkan agar orangtua segera membuat kartu legalitas anaknya agar terdaftar sebagai warga negara Indonesia, selain akta lahir.

"Awal-awal ada 10.000 keping untuk pembuatan KIA, kedepannya 200.000-300.000 yang akan dicetak, tapi kami bertahap. Orangtua diharapkan segera membuatnya dan bisa membuat di kecamatan masing masing masing," jelasnya.

Haifah, orangtua, mengatakan, sengaja ingin lebih dulu anaknya memiliki KIA karena dibutuhkan untuk mengurus sesuatu.

"Saya belum tahu fungsinya buat apa tapi paling tidak sudah bikin dulu. Apalagi ini infonya syarat masuk sekolah," katanya.

Dalam proses pembuatannya, kata Haifah, cukup mudah dan cepat.

"Sangat cepat, engga sampai 10 menit sudah jadi. Kami serakan kartu keluarga, foto kopi KTP suami-istri. Saya senang dan terbantu juga, saya terima kasih sama pemkot yang banyak memudahkan dalam proses pembuatan KIA ini," katanya.

Adapun syarat pembuatan KIA yakni e-KTP orangtua, akta lahir anak, kartu keluarga yang telah tercantum nama anak dan foto ukuran 2x3 anak atau bisa saja foto di kecamatan masing masing wilayah.

Pemerintah Kota Bekasi Siapkan 10.000 Keping Kartu Identitas Anak

Sudin Dukcapil Jakarta Selatan Gelar Pelayanan Kartu Identitas Anak di RPTRA Pola Idaman

Diskon Buku Hingga Restoran Cepat Saji dengan Kartu Identitas Anak

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved