Jurnalis Arab Saudi Hilang

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Sekjen PBB Serukan Penyelidikan yang Kredibel

Sekjen PBB Antonio Guterres menyerukan agar dilakukannya penyelidikan yang kredibel terhadap kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Sekjen PBB Serukan Penyelidikan yang Kredibel
dnaindia.com
ANTONIO Guterres, Sekretaris Jenderal PBB 

SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan agar dilakukannya penyelidikan yang kredibel terhadap kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Guterres menegaskan, penyelidikan yang kredibel dibutuhkan guna menjatuhkan hukuman yang pantas bagi semua pihak yang bersalah.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Duta Besar AS untuk PBB: Pangeran MBS Bertanggung Jawab

Terungkap, Ini 5 Fakta Transkrip Detik-detik Pembunuhan Jamal Khashoggi

"Sangat penting untuk dilakukan penyelidikan yang kredibel dalam rangka menentukan hukuman bagi mereka yang bersalah," kata Guterres dalam konferensi di Doha, Minggu (16/12/2018).

Pemimpin organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu mengatakan, penyelidikan yang kredibel diperlukan karena selama ini informasi yang datang soal kasus Khashoggi hanya didapat dari laporan media.

Jamal Khashoggi, seorang jurnalis asal Arab Saudi, dilaporkan hilang pada 2 Oktober setelah memasuki konsulat di Istanbul. Beredar kabar setelahnya bahwa Khashoggi telah dibunuh dan jenazahnya dimusnahkan dengan larutan asam.

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kebenaran kasus pembunuhan yang terjadi dan mengatakan telah menahan 21 orang terkait kasus itu. Namun mereka menolak mengekstradisi para tersangka ke Turki.

Ankara telah membahas kemungkinan dilakukannya penyelidikan oleh PBB terhadap kasus Khashoggi, sebagaimana disampaikan Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu.

"Kami belum mendapat informasi baru atau pun hasil penyelidikan dari pihak Saudi," kata Cavusoglu, dilansir AFP.

"Namun Turki tidak akan menyerah atas kasus ini dan akan terus melangkah hingga akhir," tambahnya.

Komisi HAM PBB

Sementara, dukungan terhadap dilakukannya penyelidikan internasional atas kasus pembunuhan Khashoggi sempat disampaikan Ketua Komisi HAM PBB, Michelle Bachelet.

"Saya sangat yakin (penyelidikan internasional) itu diperlukan untuk memastikan apa yang terjadi dan siapa yang bertanggung jawab," ujarnya dikutip The Independent, Rabu (5/12/2018). (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekjen PBB Serukan Penyelidikan yang Kredibel atas Kasus Pembunuhan Khashoggi"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved