Marak Vandalisme, Walkot Jaksel Usulkan CCTV di Setiap Fasilitas Umum

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengusulkan setiap fasilitas umum di DKI Jakarta dilengkapi Closed Circuit Television (CCTV).

Marak Vandalisme, Walkot Jaksel Usulkan CCTV di Setiap Fasilitas Umum
Warta Kota/Henry Lopulalan
Teknisi sedang memeriksa panel CCTV Jalan Gerbang Pemuda, Kelurahan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda Putri

WARTA KOTA, GAMBIR - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mengusulkan setiap fasilitas umum di DKI Jakarta dilengkapi Closed Circuit Television (CCTV).

Hal tersebut diusulkan sebab belakangan ini marak terjadi vandalisme yang dilakukan orang tak bertanggung jawab pada fasilitas umum.

Kasus yang paling akhir yaitu pada Sabtu (15/12/2018) di Halte Transjakarta Setiabudi Jakarta Selatan.

"Sebenarnya saya setuju juga kalau anggaraan memadai dikasih CCTV biar kelihatan (pelaku vandalisme)," ujar Marullah saat dihubungi, Senin (17/12/2018).

Ia menegaskan bahwa pemasangan CCTV bukan untuk mematai-matai warga.

Namun hal ini untuk memberikan pendidikan moral kepada warga bahwa vandalisme bukan budaya Indonesia.

"Kita ingin mendidik dan mengedukasi warga. Kembalilah ke budaya yang dulu. Budaya kita kan bukan budaya vandal. Mari kita pelihara fasilitas umum," kata Marullah.

Menurutnya jika terus dibiarkan, justru membuat pelaku bangga dan tidak memberilan efek jera. Sehingga aksi serupa akan terus menerus berulang.

"Kalau tau (pelakunya) mungkin secara sosial malu juga. Ini kan enggak ketahuan. Jadi kebanggaan sendiri kalau enggak ketahuan gitukan," kata Marullah.

Diketahui aksi vandalisme pada fasilitas umum di Jakarta sudah sering terjadi seperti vandalisme underpass Matraman, underpass Mampang, kereta MRT, sparator busway kawasan Mampang, Bus Transjakarta dengan nomor MYS-17078 dan yang terakhir pada Halte Transjakarta Setiabudi. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved