Ini 6 Fakta Lolosnya Hamdan dari Kelompok Abu Sayyaf, 3 Bulan Disandera hingga Kelaparan di Hutan

KEKEJAMAN kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak orang telah menjadi korban kekerasan kelompok ini.

Ini 6 Fakta Lolosnya Hamdan dari Kelompok Abu Sayyaf, 3 Bulan Disandera hingga Kelaparan di Hutan
Istimewa
ILUSTRASI 

KEKEJAMAN kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina sudah terkenal di seluruh dunia. Banyak orang telah menjadi korban dari aksi kekerasan para anggota kelompok tersebut.

Beruntung bagi Hamdan Yunus, warga Polewali Mandar, Sulawesi Barat, berhasil lolos setelah sempat disandera kelompok Abu Sayyaf selama tiga bulan. Kedatangan Hamdan pun disambut keluarga, kerabat dan bahkan para tetangganya di Desa Kebunsari, Wonomulyo, Polewali Mandar.

Selain itu, Hamdan berharap rekannya, Syamsul Sugani, juga segera dibebaskan. Keduanya berprofesi sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Inilah fakta lengkapnya:

1. Hamdan disambut pelukan dan tangis kegembiraan

Hamdan memeluk kerabatnya. Kisah perjuangan TKI asal Polewali Mandar Sulawesi Barat yang melarikan diri dari sandera kelompok Abu Sayyaf di Philipina hingga berhasil kembali berkumpul di tengah keluarganya.
Hamdan memeluk kerabatnya. Kisah perjuangan TKI asal Polewali Mandar Sulawesi Barat yang melarikan diri dari sandera kelompok Abu Sayyaf di Philipina hingga berhasil kembali berkumpul di tengah keluarganya. (Kompas.com)

Pada hari Sabtu (15/12/2018), Hamdan akhirnya bisa berkumpul kembali bersama keluarganya di Polewali Mandar. Hamdan tiba di rumah keluarganya disambut tangis haru sejumlah anggota keluarga yang sudah menunggu kedatangannya.

Para tetangga dan keluarga berdatangan saat mereka tahu Hamdan sudah tiba di rumah. Mereka memberikan salam dan ucapan selamat.

“Alhamdulilah, syukur sekali suami saya bisa bebas dan akhirnya bisa kumpul kembali di tengah keluarga. Saya tentu saja lega dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah membantu proses pemulangan suami saya hingga ke tengah keluarga,” kata Julianti saat duduk di samping suaminya.

Di depan sanak keluarga dan tetangga, Hamdan menceritakan kronologi panjang ia bisa melarikan diri dari kelompok Abu Sayyaf.

2. Tiga bulan disandera, akhirnya lolos saat penjaga sedang wudhu

Kisah perjuangan Hamdan TKI asal Polewali mandar sulawesi barat melarikan diri dari sandera kelompok Abu Sayyaf di Philipina hingga berhasil kembai kumpul di tengah keluarganya.
Kisah perjuangan Hamdan TKI asal Polewali mandar sulawesi barat melarikan diri dari sandera kelompok Abu Sayyaf di Philipina hingga berhasil kembai kumpul di tengah keluarganya. (Kompas.com)

Pada hari 10 Desember 2018, Hamdan hendak salat magrib bersama 12 anggota kelompok bersenjata Abu Sayyaf. Hamdan pun melihat celah untuk melarikan diri karena 6 anggota Abu Sayyaf sedang lengah.

Ia lalu meminta izin buang air besar. Saat 6 anggota kelompok Abu Sayyaf itu sedang wudhu, Hamdan segera melarikan diri ke dalam hutan.

Halaman
1234
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved