Breaking News:

Angela Ponce, Kontestan Transgender Pertama di Ajang Ratu Sejagat Miss Universe

Gelaran Miss Universe 2018 berbeda dari sebelumnya, ketika seorang transgender bernama Angela Ponce menjadi salah satu kontestannya.

Editor: Fred Mahatma TIS
Miss Universe
Angela Ponce, Miss Spanyol yang menjadi transgender pertama di ajang Miss Universe. Ia menjadi salah satu kontestan di Miss Universe 2018. 

MISS Universe selama ini dikenal sebagai ajang bagi para perempuan cantik dan berbakat dari seluruh dunia untuk berkompetisi meraih mahkota sebagai "Ratu Sejagat".

Namun, ternyata ada yang berbeda dari perhelatan Miss Universe 2018 yang digelar di Bangkok, Thailand ini.

Siapa sangka salah satu kontestannya merupakan seorang transgender, atau laki-laki yang secara fisik mengubah jenis kelaminnya menjadi perempuan.

Catriona Gray Terpilih Jadi Miss Universe 2018, Sonia Fergina Citra Top 20 Miss Universe 2018

Angela Ponce, Miss Spanyol yang menjadi transgender pertama di ajang Miss Universe. Ia menjadi salah satu kontestan di Miss Universe 2018.
Angela Ponce, Miss Spanyol yang menjadi transgender pertama di ajang Miss Universe. Ia menjadi salah satu kontestan di Miss Universe 2018. (Today)

Dia adalah wakil dari Spanyol, Angela Ponce. Keikutsertaan seorang transgender ini merupakan yang kali pertama sepanjang sejarah diadakannya Miss Universe sejak 1952.

Dikutip dari Time, Angela mengaku jalannya untuk mencapai panggung Miss Universe tidaklah mudah. Sebelumnya, ia berhasil mengalahkan 22 kontestan lain saat mendapatkan mahkota Ratu Kecantikan Spanyol 2018 atau Miss Spain 2018, beberapa waktu sebelumnya.

Namun, kemenangan dia sempat terganjal peraturan bahwa seorang transgender tidak bisa memenangkan kompetisi kecantikan.

Hingga akhirnya peraturan itu diubah seiring munculnya peraturan dari Miss Universe yang mengijinkan seorang transgender untuk mencapai kemenangan.

“Saya berkompetisi karena itu yang saya inginkan sejak kecil. Saya tunjukkan bahwa transgender bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan, guru, ibu, dokter, politisi, dan bahkan Miss Universe,” kata Angela.

Saat yayasan Miss Universe masih dimiliki oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, ia tidak mengijinkan keikutsertaan transgender. Trump juga mengancam hak-hak transgender sejak menjadi presiden.

Menurut Angela, jika ia berkesempatan mendapatkan mahkota Miss Universe 2018, maka hal itu akan menjadi kekuatan penting untuk menunjukkan kapasitas seorang transgender di mata dunia.

"Jika saya mendapatkan mahkota itu, tidak hanya menjadi pesan bagi Trump, tapi untuk hak asasi manusia. Selama ini transgender tidak pernah dianggap keberadaannya. Jika saya mendapatkannya, itu akan menunjukkan bahwa wanita transgender tidak berbeda dengan wanita pada umumnya," ujar Angela. (Luthfia Ayu Azanella)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Angela Ponce, Transgender Pertama dalam Sejarah Miss Universe"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved