Ada Banyak Kecelakaan di Jakarta Utara, Satlantas Kekurangan Personel

hanya 170-an, sedikit sekali. Idealnya 300 personel untuk menjaga wilayah Jakarta Utara karena tingkat kecelakaan yang tinggi

Ada Banyak Kecelakaan di Jakarta Utara, Satlantas Kekurangan Personel
TMC Polda Metro Jaya
Ilustrasi. Kecelakaan dialami bus Transjakarta yang menabrak separator busway, yang diikuti kecelakaan lainnya, ketika mobil ini menyenggol dan tampak mengalami kerusakan. 

Jumlah personel Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Utara dinilai masih jauh dari kata ideal.

Pasalnya ada banyak peristiwa kecelakaan yang terjadi di Jakarta Utara yang membutuhkan penanganan.

Kasat Lantas Jakarta Utara AKBP Agung Pitoyo mengatakan jumlah personel saat ini hanya sebanyak 170 orang.

Sementara, tingkat kecelakaan di Jakarta Utara pada tahun 2018 sangat banyak yakni 528 kejadian.

“Memang perlu (penambahan). Yang sekarang ini real-nya kita hanya 170-an, sedikit sekali. Sedangkan idealnya 300 personel untuk menjaga wilayah Jakarta Utara karena tingkat kecelakaan di sini kan tinggi ya,” katanya, Senin (17/12/2018).

Menurut Agung, Kecsmatan Cilincing menjadi wilayah yang paling banyak terjadi kecelakaan. Musibah tersebut banyak melibatkan truk trailer yang memang banyak melintas di kawasan itu.

Sementara itu untuk menekan jumlah angka kecelakaan, Agung mengatakan pihaknya melakukan antisipasi dengan sering sekali memberikan penyuluhan kepada sopir truk di daerah tersebut.

“Sudah juga memberikan pengetahuan tentang lalu lintas kepada sekolah di sana (Cilincing). Bahkan ke STIP juga sudah pernah. Kemudian kita buat imbauan-imbauan,” katanya.

Agung pun berharap sosialisasi dan imbauan yang diberikan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk disiplin dalam berlalu lintas. Sehingga kecelakaan di Jakarta Utara dapat ditekan jumlahnya.

“Syukur-syukur mereka melihat bacaan spanduk peringatan atau mungkin anaknya dapat penyuluhan dari kita, mudah-mudahan ada kesadaran. Kita berharap ada kesadaran berlalu lintas,” harapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved