Haul Gus Dur

Kwik Kian Gie Akan Jadi Pembicara pada Haul Gus Dur di Tebuireng Minggu Malam Ini

Mantan Menko Ekonomi era presiden Gus Dur, Kwik Kian Gie, dijadwalkan tampil sebagai pembicara pada puncak peringatan haul Gus Dur di Tebuireng.

Kwik Kian Gie Akan Jadi Pembicara pada Haul Gus Dur di Tebuireng Minggu Malam Ini
Kontan
Kwik Kian Gie 

PERINGATAN Haul Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) di Pesantren Tebuireng, Jombang, akan digelar pada Minggu (16/12/2018) malam.

Haul ke-9 bagi Presiden ke-4 RI ini akan dihadiri oleh sejumlah mantan pejabat yang dulu pernah bekerja sama dan dikenal dekat dengan Gus Dur.

Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) menjelaskan, pada puncak peringatan haul Gus Dur di Pesantren Tebuireng, mantan Menteri Koordinator Ekonomi era presiden Gus Dur, Kwik Kian Gie, dijadwalkan tampil sebagai pembicara.

Selain Kwik Kian Gie, mantan Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Persatuan Nasional bentukan mantan Presiden Gus Dur, yakni Bondan Gunawan, dijadwalkan hadir dan juga menjadi pembicara.

Peringatan Haul ke-9 Gus Dur juga akan dihadiri Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar dan mantan juru bicara kepresidenan, Wahyu Muryadi.

KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.
KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (wordpress.com)

"Mereka akan bicara pengalaman bersama Gus Dur.Bagaimana pengalaman mereka, bagaimana mereka melihat sosok Gus Dur," kata Gus Sholah saat ditemui di Pesantren Tebuireng, Sabtu (15/12/2018).

Dijenguk Putri Gus Dur, Ini Pesan Ahok untuk Yenny Wahid

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari ini menambahkan, peringatan haul Gus Dur di Pesantren Tebuireng, selain dihadiri warga Nahdliyin juga masyarakat lintas agama dan etnis.

Gus Sholah mengatakan, Haul Gus Dur di Tebuireng merupakan forum netral dan tidak menyediakan ruang bagi aksi dukung mendukung menjelang Pilpres 2019.

"Kita cuma menyampaikan pengalaman orang yang pernah bekerja sama dengan Gus Dur," jelas Gus Sholah.

Salahuddin Wahid
Salahuddin Wahid (TRIBUNNEWS.COM)

KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur merupakan Presiden ke-4 RI yang dijabat tahun 1999-2001.

Mantan ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini lahir di Jombang, Jawa Timur, pada 4 Agustus 1940.

Semasa hidup, Gus Dur dikenal sebagai ulama, guru bangsa, reformis, cendekiawan, pemikir, serta pemimpin politik Indonesia.

Istri Gus Dur Berpesan Sandiaga untuk Amanah kepada Masyarakat

Cucu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari ini meninggal dunia pada 30 Desember 2009 dan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng, Jombang. (Moh. Syafií)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul:  Kwik Kian Gie Akan Jadi Pembicara pada Haul Gus Dur di Tebuireng

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved