Jokowi: Semua Perlu Proses, Jangan Minta Instan

Saat peresmian pembangunan tol Banda Aceh-Sigli, Jokowi meyakini tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh akan rampung pada 2024.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/Alex Suban
Presiden Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Jumat (14/12/2018) malam. 

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan, untuk membangun negara menjadi lebih baik, memerlukan proses dan tidak bisa dilakukan secara sekejap atau instan.

Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah di berbagai daerah dalam empat tahun ke belakang, kata Jokowi, sebagai bentuk memperkuat pilar ekonomi, dan prosesnya kadang-kadang dirasakan pahit maupun sakit.

"Memang ini kan baru tahapan-tahapan yang kita kerjakan, semuanya perlu proses, jangan minta instan. Enggak ada di dunia manapun, apalagi kita sebagai negara besar, enggak mungkin semua dikerjakan instan," papar Jokowi, saat peletakan batu pertama pembangunan tol Banda Aceh-Sigli, Aceh, Jumat (14/12/2018).

Anies Baswedan Ibaratkan Serangan Netizen Bagai Dilempar Tusuk Gigi

Menurut Jokowi, tahun depan pemerintah akan fokus kepada tahapan selanjutnya, yaitu pembangunan sumber daya manusia, dari sebelumnya menggencarkan proyek infrastruktur seperti jalan tol, waduk, pembangkit listrik, dan lainnya.

"Ada strategi pergeseran, karena itu juga merupakan prasyarat bagi pembangunan yang kokoh untuk ekonomi makro kita," tutur Jokowi.

Saat peresmian pembangunan tol Banda Aceh-Sigli, Jokowi meyakini tol Trans Sumatera dari Lampung sampai Aceh akan rampung pada 2024.

Tak Mau Mendahului Takdir Tuhan, Anies Baswedan Belum Pastikan Gelar Karnaval untuk Persija

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyampaikan, peletakan batu pertama pembangunan tol Banda Aceh-Sigli merupakan bagian konstruksi jalan tol dari Aceh menuju Bakauheni, Lampung.

Menurutnya, pembangunan tol dari Bakauheni ke Aceh banyak diragukan oleh orang dapat selesai dengan baik, tetapi saat ini tol Bakauheni sampai Terbanggi Besar sepanjang 148 kilometer pada akhir Desember 2018 sudah dapat diresmikan.

Kemudian dari ruas Bakauheni ke Palembang juga akan tersambung pada April 2019, sepanjang 350 kilometer.

"Dari Bakauheni sampai ke titik nol di Aceh ini, mungkin orang juga akan sangsi (ragukan). Saya meyakini nanti 2024 dari Bakauheni sampai titik ini (Banda Aceh) Insyaallah akan sambung sepanjang kurang lebih 2 ribu kilometer di tambah cabang-cabangnya 700 kilometer, artinya totalnya 2.700 kilometer," beber Jokowi. (Seno Tri Sulistiyono)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved