Wiranto: Kita Masih Bingung Demokrasi yang Benar Seperti Apa

Masyarakat Indonesia sering kebingungan mendefinisikan demokrasi tanpa melihat budaya orang Indonesia sendiri.

Wiranto: Kita Masih Bingung Demokrasi yang Benar Seperti Apa
Tribunnews.com
WIRANTO, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) 

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, masih banyak elemen masyarakat Indonesia yang belum paham mengenai demokrasi.

Hal itu ia ketahui setelah dirinya sering menerima perwakilan mahasiswa dan masyarakat saat melakukan aksi unjuk rasa.

“Saya pelaku demokrasi dari zaman Orde Baru sampai masa reformasi, sering bertemu dengan mahasiswa dan masyarakat. Ternyata memang banyak yang belum paham, kita masih kebingungan demokrasi yang benar seperti apa, karena sering menjadikan negara lain seperti Amerika Serikat sebagai rujukan,” tutur Wiranto ditemui dalam acara rilis Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).

Ahok Bakal Bebas Murni Akhir Januari 2019, Ini Alasannya

Wiranto kemudian mengibaratkan demokrasi seperti makanan.

“Ketika ditanya apa itu demokrasi seperti makan, untuk mencapai 1.500 kalori orang Amerika perlu makan steak daging. Tapi kalau orang Indonesia tak perlu makan steak, makan gethuk saja bisa sampai 1.500 kalori. Demokrasi itu menyesuaikan masyarakat dan kearifan lokal,” papar Wiranto.

Mantan Panglima TNI itu menjelaskan, karena terlalu merujuk pada negara lain, masyarakat Indonesia sering kebingungan mendefinisikan demokrasi tanpa melihat budaya orang Indonesia sendiri.

“Banyak yang masih gamang apakah demokrasi harus seperti Amerika yang sudah mapan, ketika dihadapkan bahwa budaya Indonesia adalah mufakat, budaya Indonesia adalah voting, kita sering jadi bingung,” beber Wiranto. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved