VIDEO: Imigrasi Tahan Permohonan 6000 Lebih Paspor, Diduga Mau Jadi TKI Ilegal

Sepanjang tahun 2018, terdapat 6660 orang pemohon Paspor yang ditunda penerbitannya karena diduga akan menjadi calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Selain melakukan pengawasan pada warga negara asing, Direktorat Jenderal Imigrasi juga melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap WNI.

Sepanjang tahun 2018, terdapat 6660 orang pemohon Paspor yang ditunda penerbitannya karena diduga akan menjadi calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Nonprosedural.

Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F Sompie menjelaskan 6669 orang tersebut tersebar di 125 kantor imigrasi baik di wilayah Jawa, Sumatera maupun Kalimantan.

"2018 ini Dirjen Imigrasi melalui 125 kantor imigrasi se-Indonesia, bekerja sama dengan Kemenaker dalam rangka mencegah dan memberikan perlindungan bagi calon pekerja migran Indonesia yang mau bekerja ke Luar negeri telah menunda penerbitan paspor sebanyak 6660 sampai akhir November kemarin dan ini masih berjalan," papar Ronny, Rabu (12/12/2018) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Ronny yang juga mantan jenderal kepolisian ini melanjutkan selain melakukan penundaan penerbitan paspor terhadap WNI yang diduga sebagai TKI nonprosedural, terdapat 435 orang yang ditunda keberangkatannya di 25 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di seluruh Indonesia.

"435 calon TKI nonprosedural terpaksa kami tunda keberangkatannya karena belum memiliki visa. Ini kami cegah karena jangan sampai menambah masalah di luar negeri," ungkapnya.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved