Pemerintah Kota Bekasi Akhirnya Temukan Penyebab Kolong Tol JORR Kerap Terendam Banjir

Pemerintah Kota Bekasi Akhirnya Temukan Penyebab Kolong Tol JORR Kerap Terendam Banjir.

Pemerintah Kota Bekasi Akhirnya Temukan Penyebab Kolong Tol JORR Kerap Terendam Banjir
Warta Kota/Muhammad Azzam
Kolong Tol JORR Bintara, Jalan KH Noer Ali Kalimalang, Bekasi Barat, Kota Bekasi, kerap tergenang di kala hujan. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Kolong Tol JORR Kalimalang, Caman, Kota Bekasi, kerap terendam banjir jika hujan deras di kawasan itu.

Pemerintah Kota Bekasi berusaha mencari sebab banjir yang kerap terjadi di kolong Tol JORR itu.

Setelah melakukan penelusuran, ada sejumlah faktor penyebab penyebab banjir di kolong Tol JORR adalah endapan lumpur yang cukup tinggi di saluran jalan tersebut.

"Setelah saya terjun dan telusuri langsung ke lokasi penyebab itu karena endapan lumpur dibawa saluran air yang melintas di bawah kolong tol," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Arief Maulana, kepada Warta Kota, Jumat (14/12/2018).

Arief mengatakan, endapan lumpur itu berasal dari bangunan-bangunan dipinggir saluran itu erosi ke dalam saluran sehingga aliran air tersumbat.

"Jadi ternyata penyebabkan bukan karena sampah saja. Sampah sering kami bersihkan, ternyata itu endapan lumpur cukup tinggi sehingga saluran yang diameternya 40 cm tidak bisa menampung curah hujan yang sangat besar," kata Arief.

Arief mengatakan, selama ini pihaknya terus melakukan upaya dengan menerunkan tim pematusan untuk normalisasi saluran tersebut.

"Kalau hujan deras tim kami turun normalisasi saluran itu dari sampah-sampah. Kami juga bersihkan lumpur pakai manual dengan dirojok (disodok) dengan bambu. Tapi tidak maksimal memang lumpur itu tebal dan lokasi dikolong tol," kata Arief.

Untuk itu kedepannya, kata Arief, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran meminta bantuan untuk membersihkan endapan lumpur itu.

"Saya akan koordinasi ke Dinas Damkar. Saya minta bantu mobil damkar untuk nyemprot ke gorong-gorongnya biar ngalir. Biar lumpurnya keluar semua. Kalau pakai manual bambu gitu kurang maksimal, tim kami turun sulit juga itu gorong-gorong bawah tol," katanya.

Arief mengatakan, upaya lain yang dilakukan untuk mengatasi banjir di kolong Tol JORR tersebut dengan membuat gorong-gorong yang lebih besar.

"Jangka panjangnya, saya koordinasi dengan Pertokoan Kota Bintang yang dekat lokasi supaya dibuat gorong-gorong yang salurannya lebih besar. Mudah-mudahan Januari bisa terealisasi, itu sifat bantuannya Corporate social responsibility (CSR)," katanya.

2 Pompa Jadi Andalan Pemkot Bekasi Atasi Banjir di Kolong Tol JORR Kalimalang

Hujan Deras Bikin Kolong Tol JORR Bintara Banjir, Motor Banyak yang Mogok

Jalan Kolong Tol JORR di Jalan KH Noer Alie Bakal Dikeruk, Perhatikan Rekayasa Lalu Lintas

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved