Kalau Asuransi Mau Cair, Korban Lion Air Dilarang Gugat Boeing

Keluarga korban pesawat Lion Air JT 610 dilarang untuk mengirimkan gugatan terhadap pabrikan, Boeing.

Kalau Asuransi Mau Cair, Korban Lion Air Dilarang Gugat Boeing
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 melakukan aksi di Taman Aspirasi Monas, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018). 

Keluarga korban pesawat Lion Air JT 610 dilarang untuk mengirimkan gugatan terhadap pabrikan, Boeing.

Larangan itu dimuat dalam klausul syarat pencairan asuransi resmi maskapai. Akibatnya, pertemuan antara pihak keluarga korban dengan pihak maskapai Lion Air dan manajemen asuransi di kantor DPRD Kepulauan Bangka Belitung pada Kamis (13/12/2018) berakhir deadlock karena beda pandangan soal larangan menggugat.

"Pertemuan menemui jalan buntu karena pihak keluarga korban ingin klausul berisi larangan menggugat Boeing dan pihak terkait lainnya dihapus. Itu tidak bisa dipenuhi," kata Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya, Kamis.

Dia menuturkan, pihak keluarga korban tidak sekadar menginginkan pencairan asuransi. Namun, berharap juga ada keadilan dalam bentuk proses hukum di pengadilan.

"Soal kelaikan pesawat Boeing harus dibawa ke pengadilan. Harapannya ini jadi pelajaran agar tidak ada kelalaian dalam industri penerbangan," ujar Didit.

Klausul baku Sementara itu pihak asuransi Lion Air memastikan semua klausul yang disampaikan pada keluarga korban sudah bersifat baku. Klausul tersebut juga dinyatakan universal terhadap seluruh pengguna jasa penerbangan.

"Klausul asuransi mengacu pada Permenhub 77 Tahun 2011. Tidak bisa dihapus begitu saja," kata Insurance Officer Lion Air, Ganjar, di kantor DPRD Kepulauan Bangka Belitung.

Terkait hal itu, Ganjar menolak jika manajemen dalam hal ini PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk mempersulit dalam proses pencairan dana. "Tidak ada yang dipersulit karena klausulnya sudah baku," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keluarga Korban Lion Air JT 610 Dilarang Gugat Boeing",

Penulis : Kontributor Pangkalpinang, Heru Dahnur
Editor : Aprillia Ika

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved