Banyak Warga Jakarta Kena Diabetes, Pemprov DKI Lakukan Program Ini

Pemprov DKI menyiapkan sejumlah program kesehatan untuk mengurangi tingkat penderita diabetes yang cukup tinggi di Jakarta.

Banyak Warga Jakarta Kena Diabetes, Pemprov DKI Lakukan Program Ini
Dok Humas Kementerian Kesehatan
Menkes Nila F. Moeloek saat menjadi salah satu Panelis pada Ministerial Conference on Diabetes (MCOD) tanggal 26-27 November 2018 di Singapura. 

Menjadi kota dengan prevalensi diabetes tertinggi di Indonesia tentu bukan prestasi. Apalagi usia penderita diabates pun semakin muda.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) prevalensi diabetes di DKI Jakarta dari 2,5 persen pada tahun 2013 menjadi 3,4 persen di tahun 2018.

Data ini juga menunjukkan penderita diabetes di Jakarta relatif lebih muda dibandingkan kota-kota besar lain di dunia.

Peneliti dari IMERI FKUI, dr Dicky Levenus Tahapary SpPD-KEMD PhD, mengatakan, 45 persen penderita diabetes berusia dibawah 40 tahun. Bahkan 10 persen diantaranya berusia di bawah 30 tahun.

Kenapa semakin muda? Karena gaya hidup dengan pola makan tinggi kalori, lemak tapi aktivitas fisiknya kurang. Sehingga menyebabkan obesitas. Padahal 60 persen orang dengan obesitas akan menjadi diabetes.

Diabetes yang dianggap 'ibu' dari penyakit menular lain karena komplikasi yang menyertai diabetes. Penyakit jantung koroner, gagal ginjal, stroke, amputasi sampai kebutaan, diantara komplikasi karena diabates.

Akibatnya, pengobatan ini akan membuat pembiayaan BPJS meningkat.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov)DKI Jakarta menggalakan program skrinning atau deteksi dini diabetes dilanjutkan dengan pengobatan yang telah disediakan di Puskesmas.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov DKI Jakarta Catur Laswanto mengakui, saat ini kesadaran penduduk Jakarta untuk datang ke Posbindu masih rendah.

Disisi lain, gaya hidup yang tidak sehat seperti banyak mengonsumsi makanan berlemak dan kurang gerak. Membuat banyak orang Jakarta yang gemuk yang berisiko terkena diabates.

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved